Ilustrasi produk UMKM. (Foto: Ist.)


Ekonomi

Ditujukan Bantu UMKM, Program “Kasbon” Diwacanakan oleh Forum UMKM Sumbar

PADANG (SumbarFokus)

Usai Dikukuhkan, Ketua Forum UMKM Sumatera Barat (Sumbar) Nevi Zuairina mengemukakan akan membuat program kasbon atau pinjaman jangka pendek untuk penguatan modal pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumbar.

Diketahui, ada 593 ribu pengusaha yang didominasi usaha mikro di Sumbar. Keseluruhnya merupakan penggerak utama perekonomian Sumbar.

"Kita sedang merumuskan formulanya, kemungkinan akan kerjasama juga dengan Bank Nagari," kata Ketua Forum UMKM Sumbar usai dikukuhkan di Padang, Jumat (31/1/2020).


Nevi menyampaikan, sebagian UMKM telah mendapat bantuan permodalan dari PT Permodalan Nasional Madani (Persero) melalui UlaMM atau Unit Layanan Modal Mikro. Namun sebagian lain belum mendapatkan akses tersebut.

Terdapat usaha yang sudah memiliki pesanan yang jelas, tetapi kekurangan modal untuk produksi. Kekurangan modal ini, disebutkan Nevi, yang akan dibantu melalui program kasbon.

Namun, program unggulan tersebut belum dipastikan kapan akan diluncurkan. Saat ini yang baru bisa diluncurkan adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan UMKM berjualan secara daring (online) yaitu bajojo.id.

Aplikasi yang dibuat oleh Dinas Koperasi Sumbar bekerjasama dengan Forum UMKM itu diharapkan bisa membuka pasar baru bagi pelaku usaha UMKM.

Kepengurusan Forum UMKM periode 2020-2023 tersebut dikukuhkan oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang. Wagub berharap forum itu benar-benar bisa memberikan efek positif bagi UMKM di daerah itu. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018