Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kepulauan Mentawai, Sumbar, Amrial. (Foto: Hendrianto L Raja)


Ekonomi

Dishub Kepulauan Mentawai Persiapkan Kapal Laut untuk Arus Mudik

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan kapal angkutan untuk kebutuhan arus mudik Lebaran tahun ini. Kepala BIdang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kepulauan Mentawai Amrial menyatakan persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari. Termasuk juga, terkait kebutuhan ketersediaan Bahan-Bakar Minyak, juga disiapkan.

Amrial menegaskan, Dinas telah mempersiapkan segala sesuatunya menyambut momen Lebaran tahun ini. Berbagai antisipasi juga dilakukan untuk menyiasati segala kemungkinan yang terjadi terkait kebutuhan trasnportasi.

"Termasuk BBM yang sering kita keluhkan. BBM sekarang melimpah, bukan seperti tahun kemarin. Tahun kemarin, minyak menjadi masalah arus mudik," ujar Amrial pada SumbarFokus di ruang kerjanya, baru-baru ini.


Disebutkan, ketersediaan BBM sudah diatur setiap bulannya agar tidak terjadi kekurangan. Dengan demikian, kapal bisa berlayar sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

"Sedangkan untuk jadwal kapal sendiri, pada momen arus mudik tidak ada perubahan. Kapal sudah jalan semua. Ongkos kapal tidak ada perubahan," sebut Amrial.

Diperkirakan, lonjakan penumpang bisa terjadi pada tanggal 2 Mei, sebelum lebaran yang berkemungkinan jatuh pada 5-6 Juni tahun ini.

"Kapal cadangan kita siapkan satu unit, bila terjadi lonjakan penumpang. Sebab bukan hanya yang orang yang Lebaran saja yang akan pulang kampung. Karena libur nasional, pastinya banyak masyarakat yang pulang kampung. Ada yang di Sikakap dan Siberut, termasuk Padang," katanya lagi.

Ditegaskan, kapal yang ada akan beroperasi secara optimal.

"Kendalanya pada cuaca. Mudah-mudahan mudik Lebaran tahun ini, cuacanya mendukung," harap Amrial. (017)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021