Salah seorang anak usia PAUD menunjukkan Kartu Identitas Anak (KIA) yang telah dimilikinya. (ilustrasi)



Disdukcapil Solsel Mulai Sosialisasikan KIA

PADANG ARO (SumbarFokus)

Anak-anak yang masih dalam usia Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak di Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat (Sumbar), akan dilengkapi dengan Kartu Identitas Anak (KIA). 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat mulai melakukan sosialisasi tentang KIA ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Solok Selatan Efi Yandri saat dihubungi dari Padang, Jumat (25/1/2019) mengatakan, pada tahap awal pihaknya sosialisasi dulu ke PAUD dan TK sebagai persiapan ketika mereka masuk sekolah dasar (SD).


“Selanjutnya, secara bertahap sosialisasi diperluas hingga ke tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) mengingat KIA wajid dimiliki anak dari usia 0 hingga 17 tahun kurang sehari,” kata dia

Namun kata dia, untuk yang berusia 15 hingga 16 tahun, atau pelajar SLTA akan diarahkan nanti ke KTP elektronik.

”Penertiban KIA ini penting, selain untuk tertib administrasi kependudukan beberapa waktu lalu juga dilakukan kerja sama antara Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pendidikan untuk menganti nomor induk siswa nasional menjadi nomor induk kependudukan,” katanya.

Ia mengakui di kabupaten itu tahun ini merupakan tahun pertama menerbitkan KIA. Untuk kelancaran program ini kata dia, persiapan tengah dilakukan, mulai dari perangkat hingga blangko KIA.

”Kami akan segera melakukan roses tender pengadaan perangkat, mulai dari komputer, mesin cetak hingga blangko. Insyaallah bulan Maret kita sudah bisa melayani penerbitan kartu identitas anak ini," katanya.

Ia mengatakan pada tahun 2019 pihaknya menargetkan menerbitkan 5.000 kartu identitas anak dari jumlah sasaran 46.454. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018