Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet (dua dari kiri) memberikan porsi perhatian yang besar terhadap peningkatan kualitas SDM guru. Program pendidikan yang ditawarkan UT dinilai Bupati sangat tepat menjadi solusi peningkatan SDM guru demi peningkatan kualitas. Tampak di sebelah kiri Bupati, Direktur UPBJJ UT Padang Yusrafiddin. (Foto: Ist.)


Pendidikan

Dipercaya, UT Padang MoU dengan Pemkab Kepulauan Mentawai

PADANG (SumbarFokus)

Bupati Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Yudas Sabaggalet menyatakan dukungannya terhadap program pendidikan yang dibawa oleh Universitas Terbuka (UT). Hal ini terbukti dengan ditekennya MoU antara UT Padang dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai, baru-baru ini.

“Kerjasama dengan Pemkab Mentawai sebenarnya sudah sejak Bupati Yudas sebelum dilantik menjabat di periode ke-duanya. Beliau sangat mendukung UT. Beliau punya konsentrasi yang tinggi untuk peningkatan pendidikan bagi masyarakatnya,” ungkap Direktur Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Padang Yusrafiddin saat dijumpai SumbarFokus di Padang.

Yusrafiddin menyatakan apresiasi terhadap penerimaan Bupati Yudas Sabaggalet untuk menyokong program perkuliahan yang dibawa UT ke bumi sikerei tersebut.


Dukungan ini dibuktikan oleh Bupati melalui pemberian beasiswa kepada guru-guru Sekolah Dasar (SD) yang non PNS dan bermukim di daerah-daerah terisolir di kabupaten tersebut.

“Sebanyak 45 guru diberikan beasiswa S1 PGSD, rencananya sampai selesai. Selain itu, Pemkab juga memberi dukungan pada sekitar masyarakat mentawai yg sedang kuliah mandiri di UT, sekitar 500 orang, yang tersebar  di beberapa pulau di Kepulauan Mentawai,” ujar Yusrafiddin lagi.

Empat puluh mahasiswa beasiswa Pemkab Mentawai ini nantinya dibagi dalam dua kelas tutorial. Tutor akan didatangkan langsung ke Kepulauan Mentawai. Dengan demikian, jarak tidak lagi menjadi halangan bagi orang Mentawai untuk kuliah di universitas yang terakreditasi BAN PT dengan kualitas yang bersaing.

“Bayangkan, jika mereka harus pergi kuliah langsung ke Padang, sehari saja bisa menghabiskan biaya sekitar Rp1 juta untuk kebutuhan transportasi, akomodasi, atau lainnya. Sebulan bisa Rp4 juta. Di UT, dengan sistem belajar jarak jauh, dalam program perkuliah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi BAN PT, tentunya perkuliahan bisa jadi lebih mudah dan murah,” tambah Direktur.

Diungkapkan oleh Yusrafiddin, Bupati Yudas sendiri mengakui UT ketat dengan kualitasnya.

“Saat memberikan sambutan, Beliau menyatakan hal tersebut,” selanya.

Ditegaskan, UPBJJ UT Padang berkomitmen, siap membantu kebutuhan peningkatan SDM pemerintah melalui pendidikan.

“Kita senang berkontribusi. Kita akan beri pelayanan yang terbaik sesuai kebutuhan mereka,” tegas Yusrafiddin. (003)

 

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018