Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyambut rombongan Ketua PWI Pusat dan PWI Sumbar terkait pemberian anugerah Pena Emas kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Istana Gubernur Sumbar, Kamis (20/9/2018). (Foto: Wahyu)


Nasional

Dinilai Warnai Dunia Pers, Irwan Prayitno Dianugerahi Pena Emas

PADANG (SumbarFokus)

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno akan menerima anugerah Pena Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), di Padang, Jumat 21 September 2018.

Ketua Umum PWI Pusat, Margiono menyebutkan, Pena Emas merupakan penghargaan tertinggi dari PWI yang diberikan kepada tokoh masyarakat. Terutama, bagi tokoh masyarakat yang berjasa terhadap bangsa dan negara, serta untuk kemajuan dunia pers.

“Anugerah Pena Emas ini sebenarnya diberikan kepada tokoh masyarakat setiap tahun, tapi setiap tahun itu belum tentu ada yang menerimanya. Tahun 2018 ini, diberikan kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno,” kata Margiono di Istana Gubernur Sumbar, Padang, Kamis (20/9/2018) malam.


Dilanjutkannya, bahwa banyak pertimbangan terkait pemberian Pena Emas kepada Gubernur Sumbar ini. Salah satunya, atas keberhasilan dan kesuksesannya dalam pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2018 di Ranah Minang.

“Tapi keberhasilan sebagai tuan rumah HPN bukan alasan satu-satunya, sebab di daerah lain juga sukses pelaksanaan HPN, tapi belum tentu menerima Pena Emas. Jadi banyak pertimbangan lain, terutama telah berkontribusi untuk kemajuan dunia pers,” papar mantan Pimred Jawa Pos itu.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit juga sangat berbangga atas anugerah Pena Emas yang diraih Irwan Prayitno tersebut. Ia menilai Gubernur Sumbar memang layak mendapatkan Pena Emas ini, karena telah banyak mewarnai dunia pers selama ini.

Selain selaku Gubernur Sumbar yang telah sukses dalam penyelanggaraan HPN 2018, Irwan Prayitno juga seorang penulis, termasuk aktif menulis di media massa. Ia berharap, dengan diraihnya anugerah Pena Emas ini semakin mendorong Irwan Prayitno mewarnai dunia pers ke depannya.

“Tentu kita sangat berbangga, enugerah ini yang keduakalinya diraih urang awak. Dengan diraihnya Pena Emas ini, Gubernur Sumbar lebih aktif menulis, sekaligus memotivasi yang lainnya, terutama menulis hal-hal positif,” sebutnya.

Atas anugerah tersebut, Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus mengungkapkan rasa syukurnya. Pasalnya, tahun ini Sumbar satu-satunya yang menerima penghargaan Pena Emas ini. Ia menilai Gubernur Sumbar ini telah cukup memberikan perhatian yang baik dalam kemajuan pers di Sumbar.

“Gubernur Irwan Prayitno juga telah meletakkan peran pers sesuai aturan Undang-Undang No.40 Tahun 1999, membangun pemahaman Kode Etik Jurnalistik yang sudah ditetapkan Dewan Pers,” ujarnya.

Dikatakan Heranof, terkait keberhasilan penyelenggaraan tuan rumah HPN 2018 bahkan juga diakui Pengurus PWI Pusat, sebagai HPN termeriah sepanjang sejarah. Selain peserta HPN dari seluruh Indonesia antusias menikmati berbagai kegiatan, juga berdampak pada ekonomi Sumbar.

“Dalam sidang Pengurus PWI Pusat di Jakarta 12 September 2018 kemarin, dihadiri Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar. Waktu diusulkan untuk memberikan Pena Emas kepada Gubernur Sumbar, alhamdulillah diterima,” ungkap Heranof. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018