Aplikasi bajojo.id merupakan kemudahan, terutama bagi pelaku UMKM Sumbar, untuk bisa memasarkan produknya secara daring. (Foto: Ist.)


Ekonomi

Diluncurkan, bajojo.id Wadah bagi UMKM Berjualan Daring

PADANG (SumbarFokus)

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah semakin dimudahkan. Kini hadir aplikasi bajojo.id, diluncurkan oleh Dinas Koperasi Sumatera Barat (Sumbar) sebagai wadah bagi Usaha untuk menjual produk secara online atau daring.

Disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Padang, Jumat (31/1/2020), aplikasi ini bisa menjadikan pasar UMKM Sumbar lebih luas, menjangkau antar provinsi.

“Bbahkan mungkin menjangkau perantau di luar negeri," sebutnya.


Menurut Nasrul Abit, jumlah UMKM di daerah itu, terutama usaha mikro sangat banyak mencapai 593 ribu unit. Sementara usaha kecil dan menengah masih sangat sedikit.

"Hampir 90 persen usaha yang ada di Sumbar berbasis usaha mikro dan kecil. Usaha semacam ini butuh dukungan permodalan juga akses pasar," ujarnya.

Nasrul menyebut aplikasi bajojo.id bukan untuk bersaing dengan e-commerce yang sudah lebih dahulu hadir dan besar di Indonesia. Semangatnya adalah membesarkan UMKM di daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Zirma Yusri menyatakan bahwa  ide untuk membuat aplikasi tersebut muncul dalam diskusi bersama Ketua Umum Forum UMKM Sumbar, Nevi Zuairina yang memiliki keinginan kuat untuk mengembangkan UMKM di daerah itu.

Ide tersebut, ujarnya, kemudian dikembangkan.

“Dan kebetulan ada yang bisa membuat aplikasinya, jadi langsung kita kerjakan," kata Zirma.

Disampaikan, pelaku UMKM yang ingin mendaftarkan diri untuk bisa bergabung dalam aplikasi ini bisa mendaftar di Pusat LayananUsaha Terpadu Koperasi dan UMKM atau yang biasa dikenal dengan PLUT-KUMKM.

Saat ini baru sekitar seratusan UMKM yang telah bergabung dalam aplikasi bajojo.id. Namun ke depan diharapkan ribuan usaha lain bisa bergabung.

"Kami juga akan bekerja sama dengan Biro Administrasi Pembangunan dan Kerjasama Rantau untuk menjangkau para perantau kita agar menggunakan aplikasi ini guna mendukung perekonomian masyarakat di kampung," Zirma mengemukakan. (002)

 

Kita Peduli!

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018