Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar yang baru, Mahyeldi dan Audy Joinaldy, bersama istri. (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Dilantik Presiden, Ini Sosok Gubernur Baru Sumbar dan Wakilnya

PADANG (SumbarFokus)
Sah! Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi dan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy telah resmi dilantik oleh Presiden RI Jokowi, Kamis (25/2/2021). Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta.
Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Padang Amrizal Rengganis, saat dikonfirmasi, acara pelantikan tersebut diiringi juga dengan pelantikan Ketua TP-PKK Sumbar. Ketua TP PKK Sumbar Ny Harneli Bahar akan dilantik oleh Ketua Umum TP-PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian di Sasana Bakhti Praja, Jakarta.
Mahyeldi merupakan Gubernur Sumbar ketiga yang terpilih sejak pilkada Gubernur dilaksanakan secara langsung pada 2005.
Sebelumnya pada Pilgub Sumbar 2005 terpilih pasangan Gamawan Fauzi-Marlis Rahman, Pilgub Sumbar 2010 Irwan Prayitno-Muslim Kasim dan Pilgub Sumbar 2015 Irwan Prayitno-Nasrul Abit.
Mahyeldi lahir di Bukittinggi, Sumbar pada 25 Desember 1966. Alumni Fakultas Pertanian Unand tersebut memulai karir politiknya sebagai Ketua DPW PKS Sumbar.
Pada pemilu 2004 ia terpilih sebagai Wakil Ketua DPRD Sumbar periode 2004-2009.
Setelah itu Mahyeldi dipinang oleh Fauzi Bahar maju pada Pilkada Padang 2009 dan terpilih sebagai Wakil Wali Kota Padang 2009-2014.
Usai menjalani jabatan Wakil Wali Kota Padang satu periode Mahyeldi kemudian maju di Pilkada Kota Padang dan terpilih sebagai Wali Kota Padang periode 2014-2019 berpasangan dengan Emzalmi.
Kemudian Mahyeldi kembali mencalonkan diri sebagai Wali Kota Padang pada Pilkada Padang 2018 dan terpilih sebagai pemenang untuk masa jabatan 2019-2024 bersama wakilnya Hendri Septa.
Pada Pilgub Sumbar 2020 ia memutukan maju bersama Audy Joinaldy dan terpilih sebagai pemenang.
Sementara Wakil Gubernur Sumbar terpilih Audy Joinaldy lahir di Jakarta pada 16 Mei 1983.
Audy merupakan pengusaha muda pemilik Perkasa Grup yang bergerak di bidang perunggasan dan pertanian dengan fokus usahadi Indonesia timur termasuk Nusa Tenggara Barat.
Lulusan Fakultas Peternakan IPB itu memiliki enam gelar akademik yaitu S.Pt, M.Sc, M.M, IPM dan ASEAN.Eng dan saat ini sedang melanjutkan pendidikan Doktor di Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor (IPB).
Audy memperoleh gelar Sarjana Peternakan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 2005 dan Master of Science di Wageningen Universiteit Belanda dalam bidang Major Food Quality Management Minor Animal Nutrition pada 2007, sedangkan gelar Magister Manajemen Ia dapatkan dari Universitas Hasanuddin Makassar pada 2011.
Ia juga mendapatkan gelar Insinyur dari Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2019 dan pada tahun yang sama mendapat gelar IPM dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) serta gelar ASEAN.Eng dari Asean Federation Engineering Association (AFEO) pada 2019. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      sumbar