Momen pengukuhan Prof. DR Irwan Prayitno, M.Sc, Psikolog sebagai dosen luar biasa oleh UNP, Senin (15/2/2021). (Foto: Ist.)


Pendidikan

Dikukuhkan Jadi Dosen Luar Biasa UNP, Prof. Irwan Prayitno Disebut sebagai Aset Langka Sumbar

PADANG (SumbarFokus)

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri menyebutkan bahwa sosok seorang Prof. Irwan Prayitno merupakan aset Sumatera Barat (Sumbar) yang langka. Hal ini dikarenakan pencapaian akademis dan prestasi yang banyak dan luar biasa, yang diakui Rektor sangat sulit ditembus oleh para akdemisi kebanyakan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ganefri dalam kesempatan Rapat Senat Terbuka Pengukuhan Dosen Luar Biasa Prof. DR Irwan Prayitno, M.Sc, Psikolog dalam Bidang Pengembangan SDM, Senin (15/2/2021), di auditorium UNP, Padang.  Acara pengukuhan sendiri dipimpin oleh Ketua Senat Prof. Sufyarma Marsidin, berlangsung secara luring dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, juga secara daring.

Dengan dikukuhkannya pria yang pernah menjabat Gubernur Sumbar selama dua periode dan baru saja habis masa jabatannya ini, UNP berharap bisa membawa manfaat yang besar bagi perkembangan Fakultas Psikologi di UNP ke depannya, mengingat ilmu yang dimilih oleh Irwan Prayitno di bidang ini sangat mumpuni.


Disampaikan, pihaknya mengakui, seorang Irwan Prayitno sendiri sudah banya berkontribusi dan memberi dukungan kepada UNP dalam pengembangan pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Diungkapkan, Irwan Prayitno pernah menghibahkan tanah saat masih menjabat Gubernur Sumbar, yang ditujukan untuk menyokong kegiatan Fakultas Ilmu Keolahrahaan di UNP. Selain itu, dia juga pernah meminta UNP untuk memanfaatkan monumen PDRI, untuk kebutuhan penelitian  Jurusan Ilmu Sejarah.

Dengan menjadi Dosen Luar Biasa di UNP, Ganefri menerangkan, Irwan Prayitno nantinya akan mengajar dan menguji di perguruan tinggi tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Irwan Prayitno, kepada SumbarFokus.com, menyampaikan bahwa dengan dikukuhkan dirinya menjadi Dosen Luar Biasa di UNP, dirinya akan membantu kegiatan mengajar di UNP, dengan segenap komitmen yang dijaga sesuai amanah yang telah diberikan padanya.

“Berarti saya menjadi salah satu visiting profesor di UNP, bidang Psikologi. Dan diminta membantu teman-teman di Psikologi. Insyaallah saya akan membantu. Juga untuk kepentingan pendidkan di Sumbar. Setidaknya, (saya) menargetkan untuk Fakultas Psikologi di UNP, dan mengajar nantinya,” tutur Irwan Prayitno.

Diketahui, Irwan Prayitno juga merupakan guru besar di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Bidang Pengembangan SDM. Pria bergelar adat Datuak Rajo Bandaro Basa ini juga baru saja mengakhiri jabatannya sebagai Gubernur Sumbar pda 12 Februari 2021 kemarin. Sebelum menjadi Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno juga pernah duduk di DPR RI selama tiga periode, yaitu sejak tahun 1999. Di Sumbar, ia sukses mendirikan sebuah lembaga pendidikan, Yayasan Pendidikan Adzkia. Saat ini, dia juga mengajar di beberapa perguruan tinggi lainnya di Indonesia saat ini. (003)

 

Kita Peduli!

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020