Gedung Rektorat UNP. (Foto: YEYEN)


Pendidikan

DIID UiTM Johor 2021, Dosen UNP Raih 2 Medali Emas

Padang (SumbarFokus)

Dosen Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat (Sumbar), kembali menorah prestasi bergengsi pada 4th Digitalised International Invention Innovation and Design (DIID) UiTM Johor 2021 di Malaysia. Kegiatan ini merupakan ajang tahunan yang memperlombakan hasil penemuan, invensi, dan inovasi yang terdiri dari kategori Science Technology dan Social Science. Peserta lomba juga dibagi atas tingkatan Profesional, Tertiary, dan School.

Dijelaskan oleh Kepala Pusat Inovasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNP Ifdil, Kamis (4/9/2021).

Berdasarkan hasil penjurian yang dilakukan panitia pada tanggal 1–11 Agustus 2021, Universitas Negeri Padang berhasil memperoleh dua medali emas, dua  medali perunggu, dan satu Best of The Best Innovation Award.


Diuraikan, satu gold medal (medali emas) dan Best of The Best Innovation Award diraih oleh judul temuan Potensia Apps; The Android-based Psychological Application for Mental Health Mapping and Assessment During Covid-19 Pandemic. Tim yang mengusung temuan ini dipimpin oleh Zadrian Ardi, M.Pd., Kons. (team leader – Jurusan BK FIP UNP), dengan anggota tim Ifdil, Ph.D., Kons., Dr.Afdal, M.Pd., Kons., Phyu Sin Yadanar Thein, Yan dan Guspriadi. Temuan ini masuk dalam kategori Social Science Innovation.

Kemudian, satu medali emas lagi diperoleh melalui temuan berjudul Litao Kobal (Herbal Coffee Cacao Husk): Practical and Economics Antioxidant Drink Innovation, dengan ketua tim Zilzia Ulmi Davega (Jurusan Kimia, FMIPA UNP), dan para member Ernarisa Fitri, Nadia Juliati, Dr. Rahadia Z, S. Pd, M. Si, dan Effendi S. Pd, M. Sc. Temuan ini masuk dalam kategori Science Technologi Innovation.

Selanjutnya, satu medali perunggu (bronze medal), diraih melalui judul temuan Ifdil Perceptual Light Technique (IPLT) an Alternative Brief Approach for the Reductionof Trauma, Phobia, and Psychological Problems. Ketua tim untuk temuan ini adalah Ifdil, Ph.D., Kons. (Jurusan BK FIP UNP), dengan anggota Zadrian Ardi, M.Pd., Kons., Nilma Zola, M.Pd., dan Rima Pratiwi Fadly, M.Pd. Temuan ini masuk kategori  Social Science Innovation.

Satu medali perunggu lagi didapat melalui judul temuan Kuliah Smart: Educational Innovation and Digital Marketing in the Disruptive Era.  Tim ini diketuai oleh Dr. Rahadian Z, S. Pd, M. Si (Jurusan Kimia, FMIPA UNP). Anggota dari tim ini antara lain Dr. Muhammad Adri, S. Pd, M.Pd,T., Drs. Sriadhi, M.Pd, M.Kom, Ph.D., Dr. Khaerudin, M.Pd., Neny Wahyuningtyas, M.Pd, dan temuan ini masuk kategori Science Technology Innovation. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021