Rektor UNP Prof. Ganefri, saat diwawancara media, Sabtu (2/10/2021). (Foto: IRAWAN WINATA)


Pendidikan

Digelar 4 Hari Demi Menjaga Prokes, Wisuda UNP Oktober Ini Lahirkan 3.032 Lulusan

PADANG (SumbarFokus)

Universitas Negeri padang (UNP), Sumatera Barat (Sumbar), melaksanakan wisuda 3032 lulusannya Oktober ini. Demi menerapkan protokol kesehatan yang ketat, UNP menggelar wisuda selama empat hari, secara luring dan daring, dan telah mendapat izin dari Satgas COVID-19 Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat.

Dijelaskan oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, di hari pertama wisuda, Sabtu (2/10/2021), 3032 orang lulusan yang diwisuda pada periode ke-124 ini terdiri dari lulusan jenjang D III, D IV, S1, S3, dan Program Profesi Konselor, yang berasal dari sepuluh fakultas dan pascasarjana. Dirincikan, lulusan D III (385 orang, S1/ D IV Kependidikan 1480 orang, S1/ D.IV Non Kependidikan 833 orang, Program Profesi Konselor 38 orang, Magister 269 orang, dan Doktor 27 orang.

Wisuda kali ini juga merupakan wisuda perdana bagi Prodi S1 Pendidikan Agama Islam (Fakultas Ilmu Sosial). Bagi lulusan Prodi S1 Psikologi serta D III Keperawatan, wisuda ini perdana di bawah naungan fakultas baru Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK). Sebelumnya, diketahui, Prodi Psikologi berada di bawah Fakultas Illmu Pendidikan (FIP) dan Prodi D III Keperawatan berada di bawah Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).


 

Dalam kesempatan itu, Rektor UNP Prof. Ganefri memberi amanat kepada para lulusan, agar menjadi pribadi terdepan yang berkarakter kokoh serta memperkuat jati diri bangsa.

"Generasi muda harus menjadi fokus, karena masa depan merupakan tanggung jawabnya. Orang muda harus terdepan memperkokoh karakter dan jati diri bangsa, yang diarahkan pada pembangunan jati diri Indonesia," sebut Prof. Ganefri.

Perguruan tinggi, ditambahkan, menjadi titik sentral dalam membangun peradaban bangsa yang bermartabat dan berkeadilan dalam upaya membina perdamaian masyarakat. .

Prof. Ganefri juga memaparkan mengenai prestasi yang diraih dosen dan mahasiswa UNP pada semester tahun ini. Dicontohkan, ada prestasi internasional bergengsi pada 4th Digitalised International Invention and Design (DIID) UiTM Johor 2021 di Malaysia. Dalam kegiatan ini Tim UNP, berhasil merebut dua medali emas dan dua perunggu, serta dinobatkan sebagai The Best Of The Best Innovation. Contoh lain, di tingkat mahasiswa, enam orang mahasiswa FMIPA dan satu dari Fakultas Teknik lolos dalam program International Credit Transfer, yang diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek. Selain itu, ada juga delegasi mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial yang berhasil meraih predikat Best Paper pada kegiatan Temu Administrator Muda Indonesia (AdMI) yang diselenggarakan oleh Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Kita Peduli!

Suasana Wisuda UNP hari pertama, dari empat hari yang akan digelar, Sabtu (2/10/2021). (Foto: IRAWAN WINATA)

"Selamat juga atas keluarnya izin Fakultas Psikologi dan Kesehatan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kami juga memohon maaf karena belum bisa menghadirkan keluarga ke lingkungan kampus karena situasi pada saat sekarang ini. Dan terimakasih juga kepada semua yang terkait dalam acara wisuda hari ini," tuturnya.

Dalam hal penerapan protokol kesehatan, UNP juga melakukan peningkatan, yaitu melakukan rapid test antigen, oleh tim Kesehatan Poliklinik UNP, yang merupakan bagian dari Satgas COVID-19 UNP, yang kegiatan pemeriksaan untuk peserta dilakukan satu hari. Sebelumnya, UNP melakukan rapid test antibodi momen wisuda. Selain itu, petugas keamanan bekerja keras menghindari penumpukan peserta setelah wisuda di sekitar kawasan Auditorium. (004)

 

 

 

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021