Desi (37) beserta empat orang anaknya tersenyum bahagia usai menerima bantuan yang diserahkan langsung Koordinator MSR ACT Sumbar, Aan Saputra di Padang, Jumat (28/12/2108). (Ist)


Ekonomi

Dibantu ACT Sumbar, Penjual Donat Keliling Bahagia

PADANG (SumbarFokus)

Tim lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat (Sumbar) baru saja menyalurkan bantuan modal usaha dan satu unit sepeda beserta gerobak dagang kepada seorang ibu rumah tangga di Kota Padang, Sumbar, Desi (37) sebagai bantuan program Mobile Social Rescue (MSR).

Koordinator Program ACT Sumbar, Aan Saputra, di Padang, Jumat (28/12/2018) mengatakan, tim ACT Sumbar meluncur ke rumah Desi pada Rabu (27/12/2018) sore untuk mengantarkan sepeda dan gerobak yang nantinya akan dipergunakan warga Komplek Jabal Rahmah RT 003/RW 004, Kelurahan Sungai Sapih, Kecamatan Kuranji Kota Padang itu untuk berjualan keliling.

Ia menyebutkan, Desi merupakan orang tua tunggal atas empat anaknya yang masih kecil. Anak pertamanya kini masih duduk di bangku kelas 6 SD, sedangkan yang terkecil masih balita. Desi sendiri kini tidak lagi tinggal bersama suaminya karena ditinggal pergi entah ke mana.


"Rumah yang ditempati Ibu Desi beserta keluarga sekarang ini dalam sitaan bank karena cicilan menunggak 8 bulan," katanya.

Desi kata dia, sehari-harinya berjualan donat dari satu warung ke warung lain untuk menyambung kebutuhan hidup empat orang anaknya. Lantaran tidak adanya kendaraan yang dimiliki Desi, membuatnya hanya bisa menjajakan donat di sekitar rumah saja.

Penghasilan Desi sehari-hari dari menjual donat ke awarung-warung, kantin, dan sekolah itupun tidak banyak, dan terbilang kecil, hanya Rp80 ribu dari penjualan 80 donat seharga Rp1.000 per buahnya.

Sementara pengeluaran rutinnya, mulai dari makan Rp500.000/bulan, biaya transportasi anak-anaknya sekolah dan jajan anaknya Rp700.000/bulan.

"Ibu Desi juga terjerat utang peninggalan suaminya, yakni angsuran rumahnya Rp850 ribu per bulan. Sekarang sudah nunggak hingga delapan bulan dan disita pihak bank," sebut Aan usai melakukan aseessment ke rumah Desi.

Kisah Desi inilah membuat tim ACT Sumbar tergerak untuk menyumbangkan satu unit sepeda dan gerobak untuk berjualan.

Kita Peduli!

Desi juga mendapat sejumlah donasi berupa uang tunai sebagai modal usaha, dengan harapan bisa meringankan beban ekonomi untuk menghidupi anak-anaknya.

Usai mendapat bantuan dari ACT Sumbar ini, dengan penuh haru dan bahagia Desi dan keempat anaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut.

"Alhamdulillah, harapan saya untuk memiliki sepeda selama ini tercapai juga berkat ACT Sumbar, sehingga nanti saya bisa berjualan donat lebih banyak ke warung-warung dan kantin sekolah nantinya," ungkap Desi penuh haru. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      padangsumbar