Ilustrasi. (Foto: Ist.)


Peristiwa

Di Hari Lebaran Meledak Lagi, 35 Warga Dikonfirmasi Positif COVID-19 Jadi Total Sumbar 478 Kasus

PADANG (SumbarFokus)

Sedikit lagi menyentuh jumlah kumulatif 500, total warga Sumatera Barat (Sumbar) yang dikonfirmasi terinfeksi positif COVID-19 hingga hari ini, Minggu (24/5/2020), menjadi 478 kasus. Jumlah ini karena terjadinya penambahan sebanyak 35 kasus, berdasarkan hasil laporan dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc.

Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Penanganan COVID-19 Sumbar, yang juga Kepala Diskominfo Sumbar, Jasman Rizal, melalui keterangan resmi yang diterima SumbarFokus, Minggu (24/5/2020).

Sebanyak 35 orang positif tersebut merupakan hasil dari pemeriksaan sampel swab dari 1.461 warga Sumbar yang dilakukan oleh tim labor dalam 22 jam.


“Ini pekerjaan tim yang sangat luar biasa dan merupakan rekor pemeriksaan sampel swab terbanyak yang pernah ada di Indonesia. Kita juga selalu mengapresiasi tim paramedis yang tanpa kenal lelah siang malam, tidak bertemu keluarga, dengan keikhlasan luar biasa masih tetap bertahan untuk tetap setia merawat dan mengobati pasiennya. Semoga paramedis kita juga diberikan kesehatan dan tetap dalam lindungan Allah,” tutur Jasman.

Diuraikan, 35 orang warga Sumbar yang dinyatakan positif COVID-19 hari ini tersebut adalah dari Kota Padang (24 orang),Kota Sawahlunto (2 orang), Kota Payakumbuh (5 orang), Kabupaten Lima Puluh Kota (1 orang), Kabupaten Dharmasraya (1 orang), Kabupaten Solok (1 orang), dan Kabupaten Padang Pariaman (1 orang)

Adapun sampel yang diperiksa, rinciannya sebagai berikut:

  1. Kota Padang (204 sampel swab), positif 24 orang;
  2. Kota Sawahlunto (578 sample swab), positif 2 orang;
  3. Kota Payakumbuh (20 sampel swab), positif 6 orang, terdiri dari: warga Payakumbuh 5 orang dan warga Kabupaten 50 Kota 1 orang;
  4. Kabupaten Dharmasraya (42 sampel swab), positif 1 orang;
  5. Kabupaten Solok (14 sampel Swab), positif 1 orang;
  6. Kabupaten Sijunjung, 102 sample, negatif semuanya;
  7. Kota Padang Panjang, 41 sampel, negatif semuanya;
  8. Kabupaten Padang Pariaman 43 sampel, positif 1 orang;
  9. Kota Bukittinggi, 87 sampel, negatif semuanya;
  10. Kemenag 48 sampel OTG, negatif semuanya; dan
  11. Beberapa rumah sakit dan beberapa pusat karantina 282 sampel, negatif semuanya.

Dalam hal ini, Jubir kembali menekankan agar masyarakat Sumbar selalu meningkatkan kewaspadaan akan penularan COVID-19, dengan menerapkan protokol COVID-19 dalam kegiatan sehari-hari seperti menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, rajin cuci tangan, dan menjaga daya tahan tubuh dengan berolahraga.

“Untuk keterangan lebih rinci, insyaallah disampaikan nanti sore,” pungkas Jasman menutup keterangan resmi singkatnya hari ini. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020