Bupati menyerahkan hadiah bagi atlet berprestasi Dharmasraya. (Foto: Dika)


Pendidikan

Dharmasraya Komit Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan


DHARMASRAYA (SumbarFokus)

Momen Hari Pendidikan Nasional, yang jatuh pada Kamis (2/5/2019) kemarin, dijadikan momen oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), untuk memperkuat komitmen memeperkuat pendidikan dan memajukan kebudayaan di daerah tersebut. Hal ini sesuai dengan tema Hari Pedidikan Nasional Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

Hari Pendidikan Nasional, di Kabupaten Dharmasraya, juga diperingati dengan upacara yang digelar di Sport Centre Kabupaten Dharmasraya pada Kamis tersebut. Dalam upacara, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bertindak langsung sebagai inspektur. Upacara diikuti oleh Forkopimda, jajaran pemerintah daerah, serta guru dan siswa yang hadir dari berbagai jenjang pendidikan.

Saat membacakan amanat tertulis Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy, Bupati menyampaikan, Hardiknas tahun 2019 ini mengangkat tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Tema ini, sebut Bupati, mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.


Dalam perspektif Kemendikbud, kata Bupati lagi, pembangunan sumber daya manusia ditekankan pada dua penguatan yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

Pendidikan karakter sendiri dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, punya sopan santun, bertanggung-jawab, serta memiliki budi pekerti luhur. Sementara, ikhtiar membekali keterampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan. Tentu, semua itu membutuhkan profesionalisme kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat Pusat dan Daerah. 

Dalam konteks ini, pembangunan pendidikan dan kebudayaan, dalam rangka penguatan sumberdaya manusia yang berkualitas, akan berjalan secara optimal manakala pemerintah daerah dan segenap pemangku kepentingan yang ada proaktif dan lebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan. 

"Untuk itu, melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif," seru Bupati.

Dalam kesempatan peringatan Hari Pendidikan Nasional, Bupati juga menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada Ibu dan Bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya. 

"Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga Allah, selalu meridhai ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta," sebut Bupati.

Di hari peringatan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa tersebut, Bupati juga menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada guru dan putra-putri terbaik Dharmasraya yang telah meraih sejumlah prestasi di beberapa kompetisi.(015)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018