Lain-lain

Deputi BPSDP-RI Kunjungi Perpustakaan Nagari Ampang Agam

AGAM (SumbarFokus) 

Perpustakaan Nagari Ampang Gadang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam mendapat kunjungan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan (BPSDP) RI Woro Titi Haryati, Selasa (18/6/2019).

Kedatangan Deputi sekaligus memonitoring perkembangan perpustakaan tersebut, didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Wardarusmen itu, disambut oleh Kepala Dinas Arpus Agam Muhammad Arsyid, Sekretaris Nagari Ampang Gadang Yulyafri, Bamus Nagari Ampang Gadang dan lainnya.

Deputi BPSDP RI Woro Titi Haryati mengatakan, keberadaan perpustakaan Nagari Ampang Gadang sebetulnya sudah baik, tapi perlu dikembangkan lagi sesuai dengan program perpustakaan yang baik ke depan.


”Keberadaan perpustakaan nagari sangat dibutuhkan, karena beragam buku bacaan sangat bermanfaat bagi masyarakat petani, usaha industri rumah tangga, pelajar dan mahasiswa,” ujarnya.

Diharapkannya, perpustakaan tingkat nagari dapat dikelola dengan baik. Lengkapi buku bacaan dengan menghubungi kantor arsip dan perpustakaan Provinsi serta Kabupaten.

Untuk kelancaran kegiatan perpustakaan nagari tersebut, Woro Titi Haryati bakal memberikan bantuan tiga unit komputer, dua unit rak buku dan 1.000 eksemplar buku bacaan.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, M. Arsyid menjelaskan, saat ini tercatat 707 perpustakaan yang tersebar di 16 kecamatan dan 82 Nagari se-Kabupaten Agam. Dari jumlah itu, terdiri dari 300 unit perpustakaan Sekolah Dasar (SD), 82 unit perpustakaan nagari, 300 unit perpustakaan Masjid dan 25 unit rumah baca.

Agar setiap perpustakaan lebih aktif dalam memberikan pelayanan kepada pembaca, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam menurunkan petugas untuk melakukan pembinaan tentang pengelolaan yang baik.

Di samping memberikan pembinaan, disebutkan M. Arsyid bahwa pihaknya juga meminjamkan buku bacaan sesuai dengan kebutuhan masing-masing perpustakaan dan diganti setiap bulannya. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *