Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengunjungi Taman Margasatwa Wisata Kandih Kota Sawahlunto, Minggu (14/6/2020). (Foto: Ist.)


Pariwisata

Dengan Tetap Ikuti Aturan, Masyarakat Diajak Mulai Nikmati Kembali Pariwisata

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Sejak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) menetapkan diberlakukannya Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19, beberapa destinasi wisata di Sumbar mulai dibuka. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pun mengajak masyarakat untuk mulai menikmati pariwisata, relaksasi pikiran yang mungkin terkukung selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun ditekankan, masyarakat penikmati pariwisata tetap harus mengikut protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Ini disampaikan Gubernur di sel-sela kunjungannya ke salah satu objek wisata bebas COVID-9, yaitu Taman Margasatwa Wisata Kandih Kota Sawahlunto, Minggu (14/6/2020).

Meski demikian, diakui Gubernur, dua setengah bulan di rumah membuat orang masih merasa risih, sehingga bisa jadi belum semuanya berpikiran hendak kemana berliburan kreasi.


Gubernur Irwan Prayitno juga menyampaikan, khusus objek wisata air seperti kolam renang dan waterboom sebenarnya sudah bisa dibuka, namun masih menunggu SOP yang sedang digodok dan disepakati dinas pariwisata dengan tim ahli dengan target minggu depan semua bisa dilaksanakan.

“Untuk objek wisata yang bersifat kolam renang, tim dan Dinas Pariwisata sedang membahas bagaimana berwisata di kolam renang terbebas dari wabah corona. Kita berharap masyarakat yang berwisata selalu menerapkan protokol kesehatan. Insyaallah bagi masyarakat yang disiplin menjalankan protokol kesehatan akan selamat dari sebaran wabah virus corona," katanya.

Gubernur juga berpesan kepada Pemkab dan Pemko, serta pengelola, agar pegang komitmen dan konsistensinya dalam menerapkan SOP/protokol sehingga penyebaran COVID-19 dalam membuka objek wisata, sehingga penyebaran COVID-19 bisa diantisipasi.

Gubernur juga mengajak masyarakat berkunjung menikmati keindahan alam, kuliner, budaya, dan aneka ragam bentuk hasil kerajinan.

"Ayo datang ke Sumbar menikmati indahnya destinasi wisata bebas COVID-19. Para wisatawan sehat, penggelola wisata sehat, masyarakat produktif dan aman COVID-19. Disiplin protokol kesehatan kunci utama," ujar Irwan Prayitno.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial juga menyampaikan, kunjungan Gubernur kali ini juga untuk meninjau pelaksanaan pembukaan kembali objek wisata masa new normal di Gudang Ransum dan Taman Wisata Kandih). Selain itu, Gubernur juga ke Kabupaten Tanah Datar, tepatnya Istano Pagaruyung, Rumah Makan Aroma, dan Hotel Emersia.

Kita Peduli!

"Dari peninjauan lima objek tersebut, protokol kesehatan sudah dijalankan sesuai SOP yang disusun Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten/Kota, yaitu pemakaian masker pengelola dan pengunjung, tempat cuci tangan permanen, pengukuran suhu dengan thermogun, jaga jarak, manajemen jumlah pengunjung dengan luas lahan, batasan jam operasional, layanan kesehatan, dan tim pengawasan terpadu," ungkapnya.

Novrial juga mengatakan, dari pengamatan langsung, dijumpainya sudah mulia banyak pengunjung antar kota yang berdatangan ke destinasi wisata tersebut, dan malah ada juga yang berasal dari provinsi tetangga seperti Riau dan Sumut.

Dalam kesempatan itu, ikut hadir Walikota Sawahlunto Desri Asra, Plt Kabiro Humas Setdaprov Zardi, Sekdako, dan Kadis Pariwisata Sawahlunto. (000)

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020