Pemerintah wajib memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas. (Foto: Ist.)


Pariwara Pemprov Sumbar

Demi Peningkatan Kualitas Pendidikan Sumbar, Ranperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan Disahkan

 

PADANG (SumbarFokus)

Pembangunan Sumatera Barat (Sumbar) tidak lepas dari berbagai elemen dalam pembangunan itu sendiri, salah satunya pendidikan. Pembangunan di bidang pendidikan berperan sangat penting demi tercapainya kemajuan di berbagai sektor kehidupan.

Menyadari hal ini, Pemerintah ditekankan punya kewajiban untuk memenuhi kebutuhan hak setiap warga negara, yang muaranya nanti adalah peningkatan kualitas hidup bangsa. Semakin meningkatnya kualitas pendidikan maka akan semakin meningkat pula kualitas kehidupan.

Iklan Dalam Berita

Hal ini ditegaskan dalam Rapat Paripurna Penetapan Perda Penyelenggaraan Pendidikan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), baru-baru ini.

Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan bahwa Ranperda Penyelenggaraan Pendidikan dirampungkan oleh Komisi V bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan pembahasan yang telah mengkaji secara detail muatan-muatan Ranperda secara konfrehensif serta melalui masukan dari fraksi-fraksi di DPRD.

Sementara, ketua tim pembahas Ranperda Penyelenggaraan Pendidikan Sumatera Barat Aristo Munandar menyebutkan bahwa komisi V DPRD Sumbar telah membahas Ranperda Penyelenggaraan Pendidikan secara optimal untuk mendapatkan berbagai masukan dan saran dalam rangka memperoleh referensi yang sebanyak-banyaknya mengenai substansi dari Ranperda terkait.

Dalam Rapat Paripurna yang juga dihadiri oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tersebut, Aristo menyampaikan harapan agar Ranperda ini bisa memberikan nilai positif bagi pendidikan di Sumbar.

“Karena sektor pendidikan memiliki peranan dan pengaruh yang besar untuk mendorong perubahan dan kemajuan di tengah masyarakat,” tegasnya.

Dengan telah disahkannya dan diundangkannya Ranperda tentang Penyelenggaraan Pendidikan, ditekankan, diharapkan penyelenggaraan pendidikan di Sumatera Barat dapat dilakukan secara profesional, bermutu, demokratis dan berkeadilan, tidak dskriminatif dangan menjunjung tinggi hak azazi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, kemajemukan bangsa dan berkualitas yang berorientasi pada berkembangnya potensi peserta didik. (000/par)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      sumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *