Wagub Sumbar Nasrul Abit usai rapat pembebasan pembangunan tol Padang-Pekanbaru di Padang, Kamis (4/4/2019). (Foto: Wahyu)


Hukum

Dari 109, Baru 30 Persil Lahan Tol Padang-Pekanbaru yang Telah Dibayarkan

PADANG (SumbarFokus)

Penyelesaian persoalan pembebasan lahan tol Padang-Pekanbaru terus diupayakan. Hingga Rabu kemarin (3/4/2019), sudah 30 persil dari 109 persil sudah dibayar untuk tahap nol sampai 4,2 kilometer.

Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit, usai menggelar Rapat Pembebasan Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru, di Padang, Kamis (4/4/2019).

“Kita terus berupaya membebaskan lahannya, sekalian juga mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa tol ini penting,” kata Nasrul kepada awak media saat itu.

Iklan Dalam Berita

Dijelaskannya, proses pembebasan lahan tetap dilakukan, termasuk memastikan trase tidak bisa diubah lagi. Kemudian, untuk tahap 4,2 kilometer hingga 30 kilometer belum bisa dibebaskan.

“Dari empat kecamatan yang dilalui, hingga saat ini baru dua kecamatan yang baru selesai dibebaskan,” ungkap Nasrul.

Sebelumnya, dalam penyelesaiannya pembebasan lahan tol Padang-Pekanbaru ini, Wagub telah meninjau langsung ke lokasi pengerjaan di Nagari Kasang Padang Pariaman pada Februari yang lalu.

Dalam kunjungan tersebut, banyak lahan yang belum dibebaskan. Salah satunya di titik nol hingga 4,2 kilometer, karena dihalangi warga setempat. Kemudian, batas-batas tanah juga belum ada kejelasan.

“Kami sudah bekerja, tapi alat berat kami dihentikan warga yang mengaku lahan milik kaumnya. Sementara namanya tidak terdaftar dalam penerima ganti rugi,” kata Ramos Pardede selaku Pimpinan Proyek Seksi I Tol Padang-Sicincin PT Hutama Karya waktu itu. (005)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *