Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada diwawancara wartawan usai menerima vaksin. (Foto: FAIRUZ SYAUGI)


Lain-lain

Danrem 032/Wirabraja Jadi yang Pertama Divaksin COVID-19 di Sumbar, Gubernur Tertunda

PADANG (SumbarFokus)  

Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada menjadi orang pertama yang menerima vaksin COVID-19 di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (14/1/221). Sementara, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno batal divaksin  tahap I ini karena alasan kesehatan dan direkomendasi tim dokter untuk ikut pada kesempatan berikutnya.

Dalam kesempatan Pencanangan Vaksinasi COVID-19 Sumbar tersebut, Gubernur mengakui dirinya, hingga sehari sebelumnya, sangat bersemangat untuk bisa divaksin. Sayang, Rabu (13/1/2021) malam, dirinya mendapatkan surat dari tim dokter, yang berisi rekomendasi agar ia tidak mengikuti vaksinasi tahap I ini. 

Diketahui, dari sepuluh orang yang dijadwal menerima vaksin hari ini, beberapa di antaranya memang tidak jadi divaksinasi,seperti Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala BPKP Sumbar, dan beberapa lainnya.  


"Yang tidak jadi divaksin hari ini, ditunda," sebut Gubernur. 

Diakui, untuk bisa divaksin memang ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi diantaranya syarat tes kesehatan. Jika ada penyakit atau komorbit seperti hipertensi disarankan untuk tidak ikut pada tahap I.

Oleh karena itu, Gubernur akan ikut pada pemberian vaksin COVID-19 Sinovac tahap II.

Sementara, Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada, dengan kondisi yang memungkinkan untuk divaksin, maju optimis dan gagah untuk mendapatkan vaksin. 

Beberapa waktu setelah divaksin, dalam testimoninya, Danrem mengaku tidak merasakan efek apapun.

Selain itu, Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Sumbar Jasman Rizal, yang juga menjadi salah seorang yang divaksin di hari itu, juga menyebutkan tidak merasakan efek apa-apa setelah beberapa menit divaksin. 

Kita Peduli!

Diketahui, di tahap I ini, Sumbar menerima 36.920 dosis vaksin Sinovac,  dengan  prioritas awal untuk tenaga kesehatan. Akan tetapi, demi mendukung program tersebut, kepala pemerintahan, Gubernur hingga Bupati dan Walikota, diagendakan menjadi orang yang pertama untuk divaksin divaksin di daerah kewenangan masing-masing. Untuk Bupati, Walikota, dan Forkopimda dijadwalkan pemberian vaksin besok, Jumat (15/1/2021). (002/003)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020