SD Tahfidz Nurul Quran. (Foto: Ist.)


Pendidikan

Cari Sekolah Berbasis Islam di Padang untuk Buah Hati? SD Tahfiz Nurul Quran Bisa Jadi Pilihan Tepat

PADANG (SumbarFokus)

Berbasis Islam, Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Quran sangat direkomendasikan bagi orangtua yang sedang mencari sekolah untuk buah hatinya menuntut ilmu. Menjelang tanggal 6 Juni 2020, sekolah yang berpedoman sunnah ini membuka penerimaan murid baru bagi buah putra-putri yang sekurang-kurangnya berusia enam tahun.

Dikemukakan oleh Ketua Yayasan Nurul Quran Sumatera Barat (Sumbar) Peni Andesta, sekolah full-day ini mengapungkan program-program pembelajaran unggulan seperti Program Cepat Pra-Quran dengan Metoda Khusus, Tahsin (perbaikan bacaan Alquran), Tahfidz (penghapalan Alquran), Kurikulum Diniyah (agama) Standar Sunnah (Aqidah Tauhid, Fiqh Ibadah, Akhlak, Siroh, Khot Naskhi, Bahasa Arab, Hapalaln Doa dan Hadits, Praktik Wudhu dan Salat), Kurikulum Kurikulum Umum K13 yang di-seleksi sesuai dengan kaidah Sunnah, Kajian Ilmiyyah Bagi Santri (Aqidah Tauhid, Adab Islami, Hadits Arba’in, Tafsir Syaikh As-Sa’di, dan lainnya), salat berjamaah serta Rawatib di sekolah, makan siang berjamaah dengan bimbingan adab Islam; Qoilulah (tidur siang) anjuran sunnah bagi siswa, Entrepreneurship dan Multimedia, Pesantren Tahfizh Ramadan, Perlombaan dan Penyegaran bagi siswa (panahan, Adzan, Tilawah, Tahfizh, Iqro, Kaligrafi, multimedia, dan olahraga), dan pengajian bulanan walimurid.

“Selain itu, Kami juga ada kegiatan ekstrakurikuler seperti Tahfizh Camp, panahan, renang, bela diri, khot atau kaligrafi, tilawah Alquran, tadabbur alam, outbound, dan kepanduan,” ujar Peni.


Adapun fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar dan menyokong motorik anak ada berupa lingkungan yang nyaman dan kondusif bernuansa alami, sound system tahfizh, perpustakaan yang memadai, lapangan olahraga (untuk sepakbola, badminton, panahan), alat permainan indoor dan outdoor, labor multimedia komputer, kantin dan koperasi, serta toilet laki-laki dan perempuan yang terpisah.

“Sedangkan sasilitas yang menjadi hak milik santri adalah buku-buku diniyyah untuk satu tahun, Raport yang hard cover, dan seragam sebanyak lima pasang,” tambah Peni.

Disebutkan, SD Tahfidz Nurul Quran ingin menanamkan pada siswa didik pentingnya mencintai Alquran dan sunnah sejak dini. Ini juga menjadi motto sekolah yang berlokasi di Jalan Sawah Liat No.36, Kelurahan Kampung Olo, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang tersebut (sekitar 100 meter jaraknya dari Simpang Tinju Lapai).

Ditambahkan Peni, sekolah menetapkan visi antara lain mewujudkan generasi Islam yang cinta Alquran dan sunnah, beraqidah shohihah, berakhlak karimah, cerdas berkarakter,  dan berilmu pengetahuan modern.

Untuk mencapai visi tersebut, maka sekolah pun menetapkan untuk menunai misi berikut ini:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan islami yang berbasis Alquran dan sunnah dalam mempelajari ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat;
  2. Menyelenggarakan pendidikan pra-Quran, tahsin, tahfizh, dan tafsir yang menyenangkan;
  3. Menanamkan akidah tauhid yang benar dan menjauhi segala bentuk kesyirikan;
  4. Membiasakan santri beramal dengan ikhlas di atas sunnah dan menjauhi segala bentuk penyimpangan;
  5. Mendidik santri agar mencintai Allah dan Rasul-Nya, menaati para pemimpinnya, dan siap membela Negara Kesatuan Republik Indonesia;  
  6. Mendidik santri untuk berbakti kepada orang tua, menjaga silaturrahmi keluarga dan hubungan baik dengan lingkungan;
  7. Mencintai dan meneladani para sahabat Nabi, memuliakan para ulama, dan medoakan para pemimpin muslim;
  8. Sabar dalam menuntut ilmu, beramal, berdakwah, menghadapi musibah, dan siap untuk amar ma’ruf;
  9. Membiasakan santri mendirikan salat & menjaganya; dan
  10. Berupaya terus dalam meningkatkan mutu sekolah.

Untuk pendaftaran, disebut Peni, saat ini bisa dilakukan via WhatsApp di nomor  085364575752,  dan tes penerimaan siswa baru akan dilangsungkan pada 6 Juni S2020.

Kita Peduli!

Sekolah yang beroperasi sejak tahun 2015 ini juga telah mendapat Izin Operasional Sekolah dari Kementerian Agama RI dengan NPSN: 69994236 dan NSM: 111213710006.  Sekolah ini juga merupakan anggota dari Asosiasi Sekolah Sunnah Indonesia, dengan penasihat Ustadz Faisal Abdurrahman, Lc, MA.

“Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi ke nomor WhatsApp yang telah diinformasikan,” ujar Peni. (003)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018