Ketum MUI Sumbar Gusrizal Gazahar Dt Palimo Basa. (Foto: Ist.)


Pendidikan

Buya Gusrizal: Jangan Sampai Isu SMK 2 Padang Menggerus Aturan Menutup Aurat bagi Muslimah

PADANG (SumbarFokus)

Polemik yang diterjadi di SMKN 2 Padang menjadi sorotan Ketua Umum (Ketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat (Sumbar) Gusrizal Gazahar Dt Palimo Basa. Perkembangan yang terjadi, dikhawatirkan oleh Buya, sapaan akrab Gusrizal, bisa menggerus kerukunan umat beragama di Sumbar dan upaya mendidik para muslimah untuk menutup aurat mereka.

“Menutup aurat bagi muslimah hukumnya wajib. Terlepas dari adanya tata-tertib berpakaian di sekolah, pihak sekolah wajib mengajarkan para murid muslimah untuk berpakaian menutup aurat. Dalam hal ini tidak ada yang salah, apalagi kita di bumi Minangkabau, yang sudah jelas filosofi adat basandi syara’ basandi kitabullah,” kata Buya, baru-baru ini pada SumbarFokus.com

Mengingat para guru merupakan orangtua murid di sekolah, Buya menyebutkan, bahkan wajib hukumnya para guru mendidik para muslimah untuk mengikut aturan agama, termasuk di dalamnya untuk menutup aurat.


“Jangan sampai kejadian ini justeru memberi ruang pada sekolah untuk menyerah, membiarkan para muridnya yang perempuan untuk berpakaian membuka aurat. Dan tetap saja para guru perlu mengajarkan murid perempuan yang nonmuslim untuk berpakaian sopan, dan tidak ada juga ajaran dalam agama untuk paksa-memaksa,” terang Buya.

Dalam kejadian SMKN2 Padang, Buya juga menyarankan agar pihak-pihak terkait secara berjenjang mencari penyelesaian.

“Perkara yang dalam kewenangan daerah, hendaknya tidak langsung dilaporkan ke Pusat. Kita ada Gubernur di Sumbar. Hal seperti ini perlu diperhatikan, demi rasa saling menghargai dan menjaga kebersamaan,” ujar Buya.

Buya juga menegaskan, agar tak hanya umat muslim di Sumbar, melainkan seluruh pihak, yang dituntut untuk menjaga kerukunan beragama. Terutama dalam hal ini, hendaknya ada tulak ansua penyelesaian masalah, bukannya memperuncing masalah oleh satu pihak dan membuat ini seolah satu hal yang zalim. (003)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      sumbar