Bupati Yudas Sabaggalet. (Foto: Hendrianto L Raja)


Ekonomi

Bupati Yudas Sabaggalet Ingin Petani Dibina Jadi Makin Profesional

TUAPEIJAT  (SumbaarFokus)

Bupati Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Yudas Sabaggalet menyampaikan harapannya, baru-baru ini, agar para petani di Kepulauan Mentawai terus dibina agar mampu mengelo lahannya secara profesional.

Hal tersebut dikemukakannya dalam kesempatan pertemuan di Kantor Dinas Pertanian setempat, di Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pertemuan tersebut juga membahas evaluasi terkait poin-poin kinerja jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan apa yang sudah disepakati dalam pakta integritas.

Yudas menyebutkan, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun tenaga honorer Dinas Pertanian diharapkan bisa membina kelompok tani yang ada di Kepulauan Mentawai.


“Selama ini petani dan tukang belum mampu mengelola lahannya secara profesional. Dinas terkait supaya mampu membina petani dan pekebun untuk lebih profesional ke depannya, dan tersistematis, sehingga mampu meningkatan perekonomian masyarakat nantinya,” tambah Yudas.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Hatimura Hura, yang ada dalam kesempatan tersebut, menambahkan bahwa sebanyak 294 kelompok tani telah dibina di Kepulauan Mentawai.

“Selama ini Kita sudah mulai berbenah untuk meningkatan penghasilan panen produksi taninya maupun ladangnya. Dinas Pertanian selalu menurunkan tim penyuluh untuk lakukan pembinaan kelompok petani yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai,” terangnya.

Lebih lanjut Hatimura Hura mengatakan, untuk melakukan pembinaan terhadap petani maupun pekebun, pihaknya juga terus mensosialisasikan bagaimana cara bertani maupun berkebun yang benar.

"Diharapkan, di tahun 2020 nanti, petani dan pekebun bisa meningkatkan penghasilannya, sesuai dengan target Pakta Integritas," sebutnya. (017

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018