Bupati Agam Andri Warman tengah berada di lokasi bekas kebakaran di Pasar Baso. (Foto: Ist.)


Peristiwa

Bupati Agam Datangi Korban Kebakaran Pasar Baso, Musibah Telan Kerugian Rp2.5 Miliar

AGAM (SumbarFokus)

Bupati Agam, Sumatera Barat (Sumbar), Andri Warman mendatangi korban kebakaran Pasar Baso, Selasa (14/9/2021), untuk menyerahkan langsung bantuan berupa sembako, matras, berbagai perlengkapan, kain, dan uang duka. Sebanyak 18 Kepala Keluarga (KK) menerima bantuan tersebut.

“Tidak ada yang inginkan kejadian ini, tapi namanya musibah kita sebagai pemerintah sangat prihatin,” kata Bupati.

Bupati berharap korban bisa tabah menghadapi kejadian ini.


"Karena telah puluhan tahun keberadaan pasar yang selama ini baik-baik saja, tapi sekarang terjadi musibah kebakaran yang menghanguskan 24 petak kios," ujar Bupati. 

Bupati yang akrab juga dengan sapaan AWR ini mengunjungi langsung kios yang terbakar, didampingi Kepala Dinas Sosial Agam Rahmi Artati, BPBD, dan lainnya. 

Setelah mengamati lokasi kebakaran, Bupati menyatakan, pihaknya akan segera melakukan tindakan agar korban dapat kembali berdagang.

“Ada los lama dalam pasar itu yang dapat dimanfaatkan pedagang untuk sementara, agar korban bisa kembali berjualan,” ujarnya.

Bupati juga meminta camat, wali nagari, dan pengurus pasar bermusyawarah dengan korban dalam memutuskannya.

“Kita harap korban bisa memaklumi langkah ini, kalau dibangun kembali kios yang terbakar membutuhkan waktu cukup panjang, maka untuk sementara pedagang bisa memanfaatkan los lama dalam pasar untuk berjualan,” tuturnya.

Kita Peduli!

Diketahui sebelumnya, kebakaran hebat telah terjadi di Pasar Baso, yang mengakibatkan 24 petak toko di Blok G hangus terbakar, Selasa (14/9/2021) dini hari. Delapan unit armada pemadam kebakaran diturunkan dalam musibah itu untuk menjinakkan api. Damkar Bukittinggi, Payakumbuh, Lima Puluh Kota, dan Padang Panjang ikut turun dalam memadamkan api. Kerugian yang ditimbulkan dalam kejadian kebakaran ini, diungkapan oleh Danru E Damkar Agam Alex Youhendri, mencapai Rp2.5 miliar. (000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021




      agam