Anggrek putih. (Foto: Ist.)


Lain-lain

Bunga Cantik Ini Jadi Ikon Objek Wisata Air Terjun Palano Pessel

PAINAN (SumbarFokus) 

Pengelola objek wisata Air Terjun Palano, Nagari Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menjadikan tanaman anggrek putih sebagai ikon pariwisata setempat.

"Tanaman anggrek putih bisa dengan mudah ditemui di kawasan Air Terjun Palano. Kami akan menjadikan bunga cantik ini sebagai ikon," kata Sekretaris Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Tunas Muda Bersama Debi Nispi di Painan, Rabu (22/1/2020).

Ke depan, lanjutnya, pihaknya akan memperbanyak tanaman tersebut secara bertahap sehingga semakin mempercantik objek wisata alam itu.


Selain itu, ia juga berencana memperbanyaknya di media tanam polybag sehingga bisa dijadikan sebagai buah tangan bagi wisatawan yang datang.

Ia menyebut sebagai objek wisata yang baru dikelola, berbagai sarana dan prasarana pendukung terus dibangun di lokasi, termasuk akses jalan.

"Kami bersyukur saat ini lokasi sudah bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat. Namun lebih baik datang ketika sedang tidak di musim hujan karena jalannya masih berupa tanah sehingga rentan becek," kata dia.

Keberadaan jalan, jelasnya, tidak bisa dilepaskan dari peran Walinagari Lakitan Tengah Irwandi dan perangkat daerah terkait hingga pada akhirnya Kodim 0311/Pesisir Selatan memprogramkan pembukaan jalan pada tahun 2018 melalui kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-103.

Selanjutnya melalui kerjasama BUMNag dengan UPTD Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Pesisir Selatan juga dibangun akses jalan dari jalan induk ke lokasi air terjun, pos jaga, tempat parkir dan beberapa titik lainnya di lokasi tersebut.

Sementara, Kepala UPTD KPHP Pesisir Selatan Madrianto menyebut objek wisata Air Terjun Palano merupakan salah satu objek wisata yang potensial dikembangkan.

Sebab, di lokasi terdapat beberapa titik air terjun yang menawarkan keindahan beragam sehingga wisatawan yang datang tidak akan jenuh berlama-lama di lokasi.

Selain adanya anggrek putih, pihaknya juga mendetekasi tiga batang Bunga Bangkai (Amorphophallus Titanum) di lokasi itu. Hanya saja masih dalam tahap fase vegetatif.

Ia menjelaskan saat ini di atas umbi bunga tumbuh batang tunggal yang daunnya menyerupai daun pepaya. Setelah batang tunggal dan daun bunga layu, maka umbi yang tersisa di dalam tanah memunculkan bunga yang menggantikan batang dan daun. Fase ini dikenal dengan fase generatif. (001)
 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018