Ketua Bundo Kanduang Kota Padang Fauzia Zainin. (Foto: Rahmat Denas)


Lain-lain

Bundo Kanduang: Duta Budaya Harus Jadi Pelopor Benteng Generasi Muda

PADANG (SumbarFokus)

Peranan generasi muda amat dibutuhkan dalam memberikan pemahaman tentang adat dan budaya kepada sesama mereka. Mereka tidak hanya berperan dalam menyebarkan dan mengenalkan kebudayaan daerah. Lebih dari itu, mereka dapat menjadi teladan yang baik bagi generasi muda lainnya.

Hal ini disampaikan Ketua Bundo Kanduang Kota Padang Fauzia Zainin di acara pembekalan Duta Budaya Rang Mudo dan Puti Bungsu se-Kota Padang pada Senin (8/7/2019) di Palanta Wali Kota Padang

"Duta budaya nantinya harus mampu menjadi pelopor dalam membentengi generasi muda dari berbagai bentuk pengaruh negatif seperti narkotika, LGBT, kenakalan remaja, penyimpangan sosial, dan lainnya," ujar Fauzia.


Selain itu, disebutkan, duta budaya dapat menjadi teladan kepada generasi muda, terutama dalam hal pelestarian nilai adat dan budaya serta kearifan lokal.

Penyandangan gelar duta budaya Rang Mudo dan Puti Bungsu tidak diadakan seperti Uda-Uni yang bergilir setiap tahun.

"Rang Mudo dan Puti Bungsu tidak direkrut terbuka, melainkan diutus oleh Bundo Kanduang dari setiap kelurahan untuk diseleksi di tingkat kecamatan hinggakota," ujar Ketua Rang Mudo Kota Padang Teten Febriawan kepada SumbarFokus.

Dalam proses seleksi, Teten menyebutkan Rang Mudo dan Puti Bungsu tidak hanya dinilai dari segi penampilan semata. 

"Mereka harus memiliki keterampilan seperti pidato adat dan fasih membaca Alquran," jelas pria lulusan S-1 Biologi Universitas Andalas tersebut.

Sementara, Ketua Puti Bungsu Kota Padang Titi Asni Miarti mengatakan, Rang Mudo dan Puti Bungsu menjadi cerminan karakter bujang dan gadih Minangkabau di Kota Padang.

Kita Peduli!

"Dengan demikian, mereka dapat menjadi teladan generasi muda dari berbagai aspek, melestarikan semua jenis budaya yang dimiliki, agar tetap terjaga sampai generasi-generasi yang akan datang," terang Titi yang merupakan lulusan S-1 Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatra Barat.

Ketua Bundo Kanduang Kota Padang Fauzia Zainin, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kota Padang yang telah memberikan dukungan terhadap pelestarian nilai adat dan budaya serta kearifan lokal.

"Dengan adanya pelatihan penguatan Rang Mudo dan Puti Bungsu se-Kota Padang, keberadaan mereka diharapkan akan menjadi semakin baik pada masa mendatang," tandas Fauzia. (006)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      padang