Disebutkan, proses klain JHT akan lebih mudah dan cepat menggunakan KTP. (foto: Mimi)


Lain-lain

BPJS Ketenagakerjaan Segera Luncurkan Klaim JHT E-KTP Reader

Padang (SumbarFokus)

-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  Ketenagakerjaan  akan luncurkan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) yang menggunakan akses Kartu Tanda Penduduk (KTP) reader. Rencananya,  peluncuran dilakukan akhir Maret ini. Demikian disampaikan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kota Padang Yuniman Lubis pada SumbarFokus,  Selasa (26/3/2019).

Ditambahkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Padang Ferama Putri,  proses klaim JHT akan lebih mudah dan cepat dengan menggunakan KTP, sehingga peserta tidak perlu lagi mengisi formulir klaim. 

"Jadi, KTP reader ini tentunya bisa digunakan bagi peserta yang memiliki KTP elektronik, gak perlu capek-capek lagi isi formulir klaim. Cukup tap KTP elektronik di reader dan ikuti proses verifikasi nya," jelas Ferama. 


Selain memberi kemudahan, KTP Reader untuk JHT juga berfungsi sebagai pengaman data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. 

"Untuk memastikan sisi keamanan itu, nantinya dengan sidik jari dan penandatanganan di alat," kata Ferama. 

Untuk saat ini, penggunaan klaim JHT dengan menggunakan e-KTP reader masih dilakukan uji coba dan pengenalan kepada peserta tetap BPJS ketenagakerjaan. 

"Setelah dilakukan uci coba dan berhasil, launchingnya akan diselenggarakan akhir bulan Maret ini mungkin tiga hari lagi," ujarnya. 

Dijelaskan, untuk pengambilan uang tabungan JHT, ada beberapa kategori ditetapkan bagi peserta untuj bisa mengambil uang yang ditabung selama bekerja. 

"Jika sudah memenuhi ketentuan, uang yang ditabung selama bekerja dapat diambil. Seperti sudah pensiun, berhenti bekerja dengan masa satu bulan, pekerja yang meninggal, dan pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja," papar Ferama.

Disebutkan,  BPJS ketenagakerjaan berharap, setelah klaim JHT dengan menggunakan e-KTP ini di luncurkan, akan banyak peserta yang bisa di akses melalui KTP reader. (013).

 

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018