Sejumlah warga sekitar Sungai Mangguang Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman sedang melihat buaya muara yang diamankan petugas BKSDA Sumbar. (ist)



BKSDA Sumbar Evakuasi Buaya Muara di Sungai Mangguang

PARIAMAN (SumbarFokus)

Masyarakat di sekitar Sungai Mangguang Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), sempat dihebohkan dengan kehadiran seekor buaya atau crocodylus porosus di aliran Sungai Mangguang pada 26 Oktober 2018 lalu.

Salah seorang masyarakat setempat Ridwan Efendi (52) mengatakan, setelah mengetahui adanya buaya di sekitar aliran sungai tersebut pihak perangkat desa langsung melaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Resor Pariaman untuk ditindaklanjuti.

“Saat itu pihak BKSDA langsung meninjau lokasi dan memasang perangkap buaya pada 29 Oktober 2018,” katanya pada SumbarFokus.


Akhirnya pihak BKSDA berhasil mengevakuasi satu ekor buaya muara itu dari aliran Sungai Mangguang.

"Buaya muara tersebut kami amankan dengan menggunakan satu buah perangkap karena di sepanjang aliran sungai tersebut bukan habitatnya," kata anggota BKSDA Resor Pariaman Heri Wardi di Pariaman, Kamis (1/11/2018).

Awalnya kata dia, satwa yang dilindungi undang-undang tersebut pertama kali diketahui oleh masyarakat setempat pada 26 Oktober sedang berjemur di sekitar aliran sungai.

“Setelah mendapat laporan kita mulai memasang perangkap dengan menggunakan umpan satu ekor ayam. Akhirnya kita berhasil berhasil menangkap buaya yang meresahkan masyarakat dan segera kita evakuasi," katanya.

Dikatakannya, sepanjang 2018 BKSDA setempat telah menangani tiga kejadian konflik satwa dengan masyarakat di daerah itu.

Konflik pertama kata dia, terjadi di daerah Tuapejat Kabupaten Mentawai antara satwa Bokkoi atau macaca pagensis yang menyerang masyarakat.

Kita Peduli!

Kemudian kata dia menambahkan, harimau Sumatera memangsa ternak warga di daerah Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.

"Terakhir kami mengatasi konflik buaya muara dengan masyarakat di Desa Tungkal Selatan Kecamatan Pariaman Utara," kata Heri Wardi. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021