Bimtek Jitu Pasna Sumbar Gelombang V Angkatan 45 usai, Kamis (23/9/2021). (Foto: NEDIA PUSPITA)


Lain-lain

Bimtek Jitu Pasna Sumbar Gelombang V Angkatan 45 Selesai

PADANG (SumbarFokus)

Acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengkajian Kebutuhan Pascabencana (Jitu Pasna) Sumatera Barat (Sumbar) Gelombang V Angkatan 45 resmi ditutup pukul 11.30 WIB, Kamis (23/9/2021), di Padang, Sumbar. Bimtek ditutup dengan pemberian sertifikat secara simbolik kepada perwakilan peserta acara.

Peserta mengaku puas dengan kegiatan bimtek ini. Seperti disampaikan salah seorang peserja dari kelompok jurnalis, Syafrizal, wawasan yang diperoleh selama bimtek disebut sangat bermanfaat.

"Semoga ilmu yang kita dapat dalam pelatihan Bimtek ini, menjadi acuan bagi kita bersama saat di lapangan saat bencana itu terjadi. Agar kita sama-sama belajar lalu mengaplikasikannya dengan sebaik-baiknya," ujar Gan, panggilan akrab Syafrizal.


Peserta lainnya, Nal Koto, menyampaikan bahwa dirinya juga merasa dengan mengikuti bimtek, wawasan kebencanaannya menjadi meningkat. Banyak materi yang bermanfaat sehubungan dengan kapasitas dirinya sebagai jurnalis. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Sumbar Suryadi Eviontri, saat menutup Bimtek Jitu Pasna, menyampaikan harapan agar para peserta bisa merasakan manfaat kegiatan.

"Semoga Pelatihan Bimtek terus dapat dilakukan setiap tahunnya, untuk membekali para relawan, kepala daerah/kabupaten/kota/provinsi, jurnalis dan BPBD serta semua yang terlibat dalam kegiatan cepat tanggap bencana," ujar dia. 

Diketahui, sesi terakhir kegiatan bimtek adalah materi desain infografis. Seluruh peserta diminta melakukan presentasi terkait bencana alam seperti banjir, gempa, dan tanah longsor. (026)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021




      sumbar