Kepala BI Sumbar Wahyu Purnama saat diwawancarai awak media di Masjid Raya Sumbar, Selasa (14/1/2020). (Foto: Miftahul Ilmi)


Ekonomi

BI Sumbar Luncurkan "QRIS", Bayar Zakat dan Bersedekah Jadi Lebih Praktis

PADANG (SumbarFokus)

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumatera Barat meresmikan pemakaian QR Code Indonesian Standard (QRIS) untuk penerimaan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) di Masjid Raya Sumatera Barat, Selasa (14/1/2020).

Kepala Perwakilan BI Sumbar Wahyu Purnama mengatakan penggunaan QRIS itu bertujuan untuk mempermudah dan memberikan keamanan bagi masyarakat dalam bertransaksi keuangan termasuk menyalurkan ZIS.

"QRIS ini dapat mempermudah karena (prosesnya) cepat, langsung, dan aman. Masyarakat yang ingin berinfak atau bersedekah kini bisa dilakukan di rumah sendiri dengan menggunakan QRIS," terangnya.


Ia berharap seluruh mesjid yang ada di kota Padang mulai menggunakan QRIS untuk membantu memudahkan masyarakat dalam menyalurkan dana ZIS.

"Setelah peluncuran di Masjid Raya Sumbar kita harapkan masjid-masjid di kota Padang juga mulai menggunakan QRIS. Untuk keamananan sampai saat ini kita juga belum ada masalah seperti dibajak atau segala macamnya," jelas Wahyu.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengaku sangat mendukung program QRIS yang telah menyediakan fasilitas bagi masyarakat dalam bertransaksi melalui barcode.

"Ini bagus karena QRIS memudahkan masyarakat untuk berinfak, sedekah, dan membayar zakat. Sehingga lebih nyaman, aman, efisien, dan praktis karena tak harus bawa uang tunai lagi. Kami sangat mendukung program ini," ucapnya. (013)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018