Kabiro Humas Pemprov Sumbar, sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar, Jasman Rizal. (Foto: Ist.)


Peristiwa

Bertambah 32 hari Ini! Total 371 Positif COVID-19 Sumbar, Skenario Terburuk Terbukti Sudah

PADANG (SumbarFokus)

Tembus sudah angka 371 hari ini, kasus positif COVID-19 bertambah 32 orang di Sumatera Barat, Kamis (14/5/2020).

"Rincian pertambahannya adalah dari Kota Padang bertambah 27 orang, Kabupaten Lima Puluh Kota 2 orang, Kabupaten Padang Pariaman 1 orang, Kabupaten Kepulauan Mentawai 1 orang, dan Kota Payakumbuh 1 orang," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumbar Jasman.

Dengan demikian, total yang telah terkonfirmasi sampai saat ini warga Sumbar positif terinfeksi COVID-19 adalah 371 orang


Di sisi lain, sebelumnya pernah diprediksikan oleh akademisi mengenai perkembangan kasus COVID-19 di Sumbar, yang skenario terburuknya menyebutkan bahwa akan ada sekitar 350 orang warga Sumbar positif COVID-19 pada Mei, bertepatan dengan momentum Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Kini, angka itu bahkan sudah melewati dari yang diperkirakan, padahal bulan Mei masih tersisa 17 hari.

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno telah menyurati beberapa direktur utama rumah sakit di provinsi itu untuk memprioritaskan penanganan pasien COVID-19 karena jumlah kasus yang terus meningkat setiap hari.

Tindakan itu sebagai langkah antisipasi agar daerah tersebut tetap bisa menangani dan memberikan perawatan medis pada pasien positif COVID-19 untuk memutus mata rantai penyebaran wabah.

Selain rumah sakit, Pemprov Sumbar juga sudah menyiapkan lima lokasi karantina untuk menangani pasien positif COVID-19 dengan gejala ringan. (000/002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018