Produk kulit di Minang Kayo, Padang Panjang. (Foto: Ist.)


Pariwisata

Belasan Destinasi Wisata dan Kuliner Bisa Ditemukan di Padang Panjang

PADANG PADANG (SumbarFokus)

Libur akhir tahun tiba. Saatnya menentukan pilihan, mau menghabiskan waktu bersama keluarga kemana dalam rangka mengisi liburan. Tidak perlu bingung. Sumatera Barat menawarkan banyak pilihan. Salah satunya bisa ditemukan di Kota Padang Panjang. Dua belas destinasi wisata dan kuliner bisa jadi rujukan untuk menghabiskan quality time bersama keluarga dengan nuansa ceria.

Dijelaskan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata Padang Panjang Medi Rosdian, baru-baru ini, 12 destinasi wisata dan kuliner itu dapat menjadi hiburan bagi pengunjung.

Medi menyatakan, ada pilihan kuliner, tiga destinasi wisata utama tiga destinasi pendukung dan wisata belanja di Padang Panjang.


Kuliner yang bisa dicicipi yaitu Sate Mak Syukur di Jalan Sutan Syahrir. Kuliner tersebut sudah cukup dikenal dan dicicipi oleh tidak hanya kepala daerah namun juga pejabat setingkat menteri hingga kepala negara.

Pilihan lainnya yaitu Rumah Makan Pak Datuak di Jalan Sutan Syahrir dengan menu unggulan dendeng batokok dan gulai tunjang, Pondok Baselo Baramas di kelurahan Ekor Lubuk dengan menu dendeng asap.

Sebagai teman perjalanan, wisatawan juga dapat membeli Risoles Kamboja, yaitu risoles dengan aneka isi yang berlokasi di Jalan Haji Agus Salim.

"Empat restoran dan rumah makan itu selain punya menu andalan masing-masing, juga sudah mendapatkan penghargaan dari pemerintah karena kepatuhan membayar pajak," katanya.

Jika malam tiba, wisatawan dapat beralih ke Pasar Kuliner untuk berburu aneka masakan, jajanan, atau minuman tradisional dan kekinian untuk memanjakan lidah.

Selain kuliner, objek wisata yang direkomendasikan oleh pemerintah setemat untuk dikunjungi yaitu Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Pemandian Lubuk Mata Kucing, dan objek wisata air Minang Fantasi.

Kita Peduli!

"Ketiganya merupakan objek wisata utama dan berbayar di sini. Masih ada destinasi pendukung yaitu Desa Wisata Kubu Gadang, Islamic Center , dan Desa Wisata Religi Sigando," ujarnya.

Usai berlibur dan menikmati kuliner, wisatawan juga direkomendasikan membeli produk olahan kulit yang merupakan salah satu unggulan daerah tersebut.

Produk olahan kulit berupa jaket, sepatu, tas, topi dan ragam aksesoris lainnya bisa dibeli di Minang Kayo di Kelurahan Silaing Bawah.

Diyakini, seluruh destinasi dan kuliner ini bisa memberi kepuasan tersendiri. Kuliner dengan cita rasanya, objek wisata dengan kekayaan sejarah dan keelokan alam, serta produk kerajinan akan memanjakan wisatawan dan memberi nuansa liburan yang menyenangkan.

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      padang-panjang