Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Padang Panjang mengelar kegiatan Anugrah Hafizh Baznas yang diselengarakan di Islamic Center Kota Padang Panjang se-Kota Padang Panjang, Selasa (23/11/2021). (Foto: Ist.)


Lain-lain

Baznas Padang Panjang Beri Reward di Ajang Anugerah Hafizh Baznas

PADANG PANJANG (SumbarFokus)

Pelaksanaan Musabagah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-39 di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), baru saja selesai dan sukses. Sebagai Kota yang menyandang gelar Kota Serambi Mekah,  Padang Panjang terus menghidupkan ruh keislaman. Kegiatan kerohanian itu berlanjut,  kini giliran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Padang Panjang mengelar kegiatan Anugrah Hafizh Baznas yang diselengarakan di Islamic Center Kota Padang Panjang se-Kota Padang Panjang, Selasa (23/11/2021).

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang Panjang memberikan reward berupa uang tunai kepada anak-anak yang mampu melewati tes hafalan Al Qur’an satu hingga lima juz. Pemberian reward diselenggarakan dalam acara Anugerah Hafizh Al Qur'an, di Masjid Islamic Center yang kini menjadi ikon kota Padang Panjang dengan Al-Qur'an Raksasanya

Lomba Anugrah  Hafizh itu dibuka oleh  Walikota Fadly Amran dan dihadiri Forkopimda. Kegiatan yang merupakan program pertama Baznas ini diikuti 255 anak asal Kota Padang Panjang, berlangsung selama dua hari.


Wako Fadly mengapresiasi serta meminta kegiatan yang bertujuan memotivasi anak-anak untuk mencintai Al Qur'an ini dapat terlaksana secara rutin.

"Saya mengapresiasi Baznas yang telah melaksanakan kegiatan ini. Saya berharap kegiatan ini dilakukan secara rutin," ujarnya.

Wako meminta kegiatan keagamaan seperti Anugerah Hafizh Al Qur'an ini terus berjalan dan terpusat di Masjid Islamic Center.

"Paling tidak empat kali dalam setahun dengan peningkatan jumlah reward. Mudah-mudahan ini memotivasi dari usia dini. Kita persiapkan anak-anak kita untuk menjadi para penghafal Al-Quran," katanya.

Dengan pelaksanaan program ini, Baznas juga diharapkan dapat bekerja sama dengan Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako melahirkan bibit penghafal Al Qur’an untuk MTQ nantinya.

"Tidak hanya hafiz, tapi juga bagus dalam tilawahnya. Alhamdulillah, Baznas telah menjadi bagian dari usaha ini," tuturnya.

Kita Peduli!

Apresiasi juga turut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama, Alizar. Menghafal Al-Qur'an, menurutnya, membuat seseorang bisa menjadi cerdas.

"Ini kegiatan yang sangat mulia, menciptakan generasi penghapal Al-Qur'an. Hampir semua penghafal Al-Qur'an merupakan anak-anak pintar dan berprestasi di sekolah. Sejumlah Perguruan tinggi bahkan memberikan kemudahan untuk lulus tanpa tes bagi penghapal Al-Qur'an," ungkapnya.

Alizar Chan mengatakan,  Anugerah Hafizh yang pertama kali diadakan Baznas di Padang Panjang. Ia menyebut hal itu sebagai program yang luar biasa dan patut didukung semua pihak. Melalui kegiatan itu diharapkan akan muncul generasi yang Qurani, generasi yang senang membaca, menghapal, dan mengamalkan Al-Qur'an. Ketika penghapal Al-Qur'an banyak muncul, Padang Panjang tidak akan kesulitan mencari kafilah untuk MTQ.

“Kita ingin suatu saat nanti Padang Panjang dilaunching sebagai Kota Tahfizh. Di sekolah-sekolah umum sudah ada kegiatan tahfizh, apalagi di madrasah, TPQ, MDTA. Rumah Tahfizh pun banyak tumbuh. Ini modal luar biasa. ... Anak-anakku sekalian, terus menghapal hingga 30 juz. Pelajari ilmu lain yang berkaitan dengan Al-Qur'an," pesannya.

Sementara, Ketua Baznas Padang Panjang Syamsuarni mengatakan, akan mengemban amanah terkait program pemberian reward para penghapal Al-Qur'an ini.

Dirincikan Wakil Ketua Baznas Padang Panjang Jasriman, ada empat kategori pemberian reward, yakni 1 Juz, 2 Juz, 3 Juz, dan 5 Juz.

"Satu Juz maksimal untuk anak kelas III SD.  Dua juz untuk kelas IV-V SD, tiga juz SMP, dan lima juz untuk SMA. Boleh naik tingkat, misalnya ada anak SD yang mampu menghapal hingga lima juz," jelasnya.

Adapun rewardnya, hapalan 1 juz Rp350 ribu, 2 juz Rp500 ribu, 3 Juz Rp750 ribu, dan 5 Juz Rp1 juta. Yang terbaik di masing-masing kategori, akan diberikan sertifikat oleh Wako Fadly pada Hari Jadi Kota (HJK) nanti. (003)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021




      padang-panjang