Meja Layanan Pemantau Pemilu di Kantor Bawaslu Sumbar. (Foto: Ist)


Politik

Bawaslu Sumbar Buka Pendaftaran Lembaga Pemantau Pemilu 

PADANG (SumbarFokus)

Bawaslu Provinsi Sumbar membuka pendaftaran pemantau pemilu untuk melakukan pemantauan pada setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Bawaslu Provinsi Sumbar, Jalan Pramuka Nomor 11, Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

“Pendaftaran dibuka hingga tujuh hari sebelum dilakukan pemungutan suara pada 14 Februari 2024,” kata Komisioner Bawaslu Sumbar, Vifner, Rabu (22/6/2022).


Menurutnya, syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pemantau pemilu di antaranya, bersifat independen, mempunyai sumber dana yang jelas, teregistrasi, dan memperoleh izin dari bawaslu provinsi atau kabupaten/kota sesuai dengan cakupan wilayah pemantauannya.

Ia menjelaskan, dalam mengembalikan formulir registrasi, pemantau pemilu harus menyertakan persyaratan administrasi yang meliputi profil organisasi/lembaga, memiliki Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari pemerintah atau pemerintah daerah atau memiliki pengesahan badan hukum yayasan atau badan hukum perkumpulan, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) organisasi/lembaga, nama dan jumlah anggota pemantau, alokasi anggota pemantau yang akan ditempatkan ke daerah, rencana dan jadwal kegiatan pemantauan serta daerah yang ingin dipantau, surat keterangan domisili, dan pekerjaan penanggung jawab pemantau yang dilampiri pas foto diri terbaru.

“Pemantau Pemilu yang memenuhi persyaratan akan diberi tanda terdaftar sebagai pemantau pemilu serta mendapatkan sertifikat akreditasi,” kata VIfner. 

“Semua informasi, pertanyaan, dan konsultasi terkait pendaftaran pemantau pemilu ini dapat dilakukan melalui Meja Layanan Pemantau di Kantor Bawaslu Sumbar,” imbuhnya. 

Ia menegaskan, jika masyarakat ikut melakukan pemantauan, maka pemilu bersih bisa terselenggara dengan baik dan hasil yang didapatkan juga baik.

"Partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam menciptakan pemilu bersih dan berwibawa, tentunya untuk mendapatkan hasil terbaik pula," tutup Vifner.


Sekadar informasi, pemantau pemilu dapat dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan berbadan hukum, yayasan atau berbadan hukum perkumpulan yang terdaftar pada pemerintah atau pemerintah daerah, lembaga pemantau pemilihan dan luar negeri, lembaga pemilihan luar negeri, dan perwakilan negara sahabat di Indonesia.  (000/Bawaslu)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021




      pemilusumbar