Ketua Bawaslu Padang Panjang Santina (Foto: Ist)


Politik

Bawaslu Padang Panjang Sosialisasikan Netralitas ASN

PADANG PANJANG (SumbarFokus)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Panjang menyosialisasikan berbagai aktivitas ASN yang menjadi bentuk pelanggaran netralitas dalam Pemilu.

"Kami imbau ASN di Padang Panjang hati-hati beraktivitas jelang Pemilu 2019 agar tidak menjadi pelanggaran netralitas," kata Ketua Bawaslu Padang Panjang, Santina di Padang Panjang.

Ia menyebutkan beberapa bentuk aktivitas yang harus diperhatikan ASN di antaranya ketika di media sosial, pastikan tidak membuat status yang memihak salah satu calon, tidak ikut atau aktif berkomentar dan menyukai unggahan salah satu calon.


Selanjutnya ketika beraktivitas di tengah masyarakat dan dalam pekerjaan, ASN jangan mempengaruhi warga untuk memilih salah satu calon diikuti iming-iming uang, tidak mempengaruhi dan mengintimidasi warga, tidak terlibat dalam kampanye, tidak memanfaatkan fasilitas negara untuk mendukung kegiatan salah satu calon, menghalangi pemakaian alat peraga kampanye salah satu calon.

ASN juga dilarang menggunakan kewenangannya dalam program bantuan sosial untuk mendukung salah satu calon, mmbuat kebijakan dan keputusan yang berpengaruh pada salah satu calon, mengintimidasi stafnya, dan bentuk kegiatan lain yang mengandung dukungan.

"Semua itu sudah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Hal ini juga berlaku bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPP). Netralitas tetap harus dijaga," katanya.(000)

 


#Padang Panjang #Bawaslu #Pemilu

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018