Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam menertibkan 3.145 lembar alat peraga kampanye dan alat peraga Pemilu 2019. (Foto: Ist)


Politik

Bawaslu Agam Tertibkan Ribuan Alat Peraga Kampanye

LUBUKBASUNG (SumbarFokus)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam menertibkan 3.145 lembar alat peraga kampanye dan alat peraga Pemilu 2019 yang terpasang di luar zona. Alat peraga itu ditertibkan pada November 2018 sebanyak 1.115 lembar dan Januari 2019 sebanyak 2.030 lembar.

"Alat peraga kampanye dan alat peraga itu kita simpan di Kantor Panwascam dan dalam waktu dekat akan dimusnahkan," kata Ketua Bawaslu Agam, Elvys di Lubukbasung.

Elvys mengatakan, ribuan lembar alat peraga kampanye dan alat peraga itu berupa baliho 534 lembar, spanduk 1.151 lembar, bendera, stiker, poster dan lainnya 1.460 lembar.


Ia menambahkan, penertiban itu dilakukan oleh tim gabungan dari Bawaslu Agam, Satpol PP Damkar, Kesbang Pol, Polres Agam, Polres Bukittinggi dan lainnya

Tim gabungan itu menertibkan seluruh alat peraga kampanye dan alat peraga yang terpasang di luar zona yang ditetapkan oleh KPU setempat berdasarkan PKPU No. 23 Tahun 2018.

Selain itu alat peraga kampanye dan alat peraga yang terpasang di pohon pelindung, tiang listrik dan telpon sepanjang jalan utama, karena melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2009 tentang ketertiban, kebersihan dan keindahan (K3).

"Keberadaan alat peraga kampanye dan alat peraga itu merusak ketertiban, kebersihan dan keindahan. Alat peraga kampanye dan alat peraga yang masih terpasang memiliki citra diri, nomor urut dan lambang partai ," tegasnya.

Sebelum penertiban, tambahnya, Bawaslu Agam telah menyurati pimpinan partai politik untuk menertibkan APK dan alat peraga yang dipasang di luar zona, pohon, tiang listrik dan telpon.(000)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      agampolitik