Kepala BI Sumbar Wahyu Purnama foto bersama tim kas keliling yang akan berangkat ke daerah 3T, Jumat (14/2/2020). (Foto : Miftahul Ilmi)


Ekonomi

Bawa Rp4,5 Miliar, BI Sumbar Keliling Daerah 3T untuk Tukarkan Uang

PADANG (SumbarFokus)

Bekerjasama dengan TNI-AL, Unit Pengelolaan Uang Rupiah (UPUR) Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan kegiatan Kas Keliling ke Pulau Terluar, Terdepan, Terpencil (3T) di wilayah kerja Sumbar, Sibolga, dan Aceh. Pelepasan tim berlangsung di Pangkalan Utama TNI AL II, Padang, Sumbar, Jumat (14/2/2020).

Pimpinan KPwBI Sumbar Wahyu Purnama mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan BI Sumbar yang sudah dimulai sejak tahun 2016.

"Kegiatan ini, Insyaallah, akan berlangsung selama tujuh hari. Seperti yang sudah kita ketahui, kondisi uang di daerah 3 T ini sudah banyak lusuh. Kalaupun mereka mau menukarkannya ke bank, bank di sana pun jarang menukarkannya kepada BI dikarenakan akses yang jauh. Dengan kegiatan ini, kita mendorong lancarnya transaksi keuangan dan juga mendorong pertumbuhan perekonomian di seluruh daerah di Indonesia," jelasnya.


Wahyu menambahkan,sepanjang kegiatan ini tim kas keliling juga akan melakukan sosialisasi. Selain itu, tim juga akan menyalurkan bantuan di beberapa titik lokasi.

"Nanti kapalnya akan berhenti di beberapa titik sekitar Kepulauan Mentawai, Sumatera Utara, dan Aceh. Jadi ada tiga provinsi yang akan dilalui dan akan kembali di sini," jelas Wahyu.

Dalam kesempatan itu, Wahyu menyatakan terimakasih, terutama kepada jajaran TNI-AL, atas kerjasama yang sangat baik dan dukungan terhadap kegiatan ini.

"Alhamdulillah, rasanya sejak 2016 kas keliling di daerah 3T ini juga dapat mendekatkan kita dengan TNI AL.  Mudah-mudahan ke depan kerjasama ini semakin baik, dan Kami berharap kegiatan ini tidak hanya satu tahun sekali, tetapi bisa lebih," harap Wahyu.

Cuaca yang buruk, dalam hal ini, jadi satu kendala tertentu dalam pelaksanaan kegiatan. Wahyu menyampaikan, walau bagaimanapun, pihaknya berharap kegiatan ini berjalan lancar, dan saat kembali tim yang berangkat pulang dengan sehat dan selamat.

"Melalui kegiatan ini kami berharap betul bisa membantu masyarakat kita di pulau-pulau terpencil memperoleh uang yang cukup dan layak. Kita berharap nanti semoga cuaca nya baik, semua sehat, dan lancar. Sekedar informasi, seluruh kasir yang ikut ada 16 orang. Sebagian besar ada dari KPwBI Sumbar, ada juga dari Jambi, Sibolga, Aceh, dan dari Departemen Pengolah Rupiah Pusat," sebut Wahyu. (013)

Kita Peduli!

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




      bank-indonesia