Ketinggian air saat banjir akibat meluapnya Sungai Batang Pangian di Solok Selatan mencapai 40-50 centimeter. (Foto: Ist.)


Bencana

Batang Pangian Meluap, Puluhan Rumah di Solok Selatan Sempat Terendam Banjir

PADANG ARO (SumbarFokus)

Kamis ( 25/4/2019) pagi, air Sungai Batang Pangian di Kabupaten Solok Selatan meluap. Akibatnya, 55 rumah warga di Kenagarian Sungai Sungkai Kecamatan Sangir Balai Janggo Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, terendam banjir sedalam 40-50 centimeter.

"Sekarang air sudah surut dan masyarakat mulai membersihkan lumpur maupun material banjir, dan aktivitas warga juga sudah kembali normal," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan Johny Hasan Basri di Padang Aro.

Ia mengatakan banjir tersebut tidak merusak rumah warga, dan yang sampai masukke dalam rumah juga tidak terlalu parah.


Banjir akibat luapan Batang Pangian memang sering terjadi apabila curah hujan dengan intensitas tinggi melanda daerah itu.

BPBD Solok Selatan, disebutkan, telah mengirimkan petugas ke lapangan untuk melakukan pendataan, sekaligus membawa logistik bagi korban banjir.

"Kami terus berkoordinasi dengan Camat dan sekarang petugas sudah dikirim ke lokasi serta masyarakat sudah bersih-bersih rumahnya sebab air sudah surut," ujarnya.

Selain banjir kata dia, hujan lebat juga menyebabkan akses jalan ke Sangir Balai Janggo tertimbun longsor.
Dikatakan, BPBD sudah mengirim alat berat ke lokasi longsor untuk membersihkan material agar jalan tersebut bisa dilalui lagi. Selain itu, juga telah disediakakn air bersih bagi korban banjir ditambah logistik yang menjadi kebutuhan dasar korban. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2021