Banjir di kawasan Jorong Sangkir Nagari Lubuk Basung. (Foto: ANIZUR)


Bencana

Banjir di Lubuk Basung, Ratusan Rumah Terendam dan 2 Dusun Terisolasi

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Hujan deras yang turun dengan intensitas cukup tinggi dari siang hingga sore, Minggu  (30/8/2020), menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).
 
Pantauan SumbarFokus, Intensitas hujan yang cukup tinggi ini telah menyebabkan seluruh aliran draenase dan saluran irigasi yang ada di Nagari Lubuk Basung dan Garagahan Kecamatan Lubuk Basung, termasuk Banda Talang dan Batang Piarau, meluap, menyebabkan terjebaknya warga yang berkenderaan oleh genangan air lebih setinggi lutut orang dewasa di hampir seluruh jalan kawasan pusat ibukota Kabupaten Agam.

Banjir terparah di antaranya terjadi di sepanjang jalan jalur dua, kawasan Simpang Lapau Talang, Tugu Bundaran Simpang Tigo, Simpang Tembok, Simpang Talago, Simpang Ampek Tapi, Bawah Simpang Tigo, Parik Rantang, Lubuk Mangindo, Sangkir, Pulai.

Tak hanya menyebab banjir di jalan, ratusan rumah warga juga terendam


Walaupun banjir ini termasuk yang terbesar sepanjang sejarah, namun genangan air cepat surut. 

Selain menyebabkan terendamnya ratusan rumah warga, hujan intensitas tinggi ini juga telah menyebabkan tanah longsor yang menutupi akses jalan menuju dusun Taratak dan Simaruok Nagari Garagahan.

Saat ini kedua dusun di Nagari Garagahan tersebut masih terisolasi. (007)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      agam