Suasana di Bandara Pusako Anak Nagari, Pasaman Barat. (Foto: Ist.)


Ekonomi

Bandara Pusako Anak Nagari Sokong Tumbuhnya Ekonomi

SIMPANG EMPAT (SumbarFokus)

Dengan semakin singkatnya waktu tempuh akses ke dalam dan ke luar Pasaman Barat berkat adanya Bandara Pusako Anak Nagari, pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut juga semakin terbantu. Akses ekonomi bisa cepat berjalan. Ini menguntungkan kepada masyarakat setempat.

Ini dikemukaka oleh Kepala Bandara Pusako Anak Nagari Pasaman Barat Eva Wardi Putra, mewakili juga Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Rizaldi, Minggu (28/2/2021), di Simpang Empat.

Dijelaskan, saat ini rute penerbangan di bandara itu adalah Pekanbaru-Pasaman Barat pukul 09.05 WIB dan Pasaman Barat-Pekanbaru pukul 10.20 WIB. Untuk ongkos dari Pasaman Barat-Pekanbaru hanya Rp311.100 dan Pekanbaru-Pasaman Barat Rp356.100.


Menurutnya sekali penerbangan bisa membawa sebanyak 12 orang penumpang dengan anggaran subsidi pemerintah pusat.

"Akses penerbangan ini sangat bermanfaat dan mempersingkat waktu menuju Pekanbaru yang hanya 45 menit. Jika menggunakan jalur darat bisa menempuh sembilan jam perjalanan," ujarnya.

Ia mengimbau seandainya melonjak volume penumpang di Bandara Pusako Anak Nagari maka menjelang evaluasi akan ada perubahan kembali baik jadwal hari ataupun bertambah hari.

"Mohon dukungan masyarakat Pasaman Barat atau masyarakat perantau Pekanbaru Riau. Mari kita ramaikan dan manfaatkan angkutan udara perintis," ajaknya.

Bandara Pusako Anak Nagari sendiri merupakan satu kebanggaan bagi Pasaman Barat karena satu-satunya kabupaten atau kota di Sumbar yang memiliki Bandara.

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020