Ditnarkoba Polda Sumbar, Kombes Pol.Kumbul KS, S.Ik. saat menggelar Press Conference terkait enam sindikat narkoba dari Pekanbaru, Riau, Selasa (7/8/2018). (Foto: Wahyu)


Hukum

Bandar Sabu Pekanbaru Tawarkan Polisi Rp1 Miliar

PADANG (SumbarFokus)

Usai diringkus, seorang bandar narkoba jenis sabu-sabu dari Pekanbaru, Provinsi Riau mencoba menyuap polisi agar kasusnya tidak diproses. Tidak main-main, uang yang ditawarkan senilai Rp1 miliar.

“Salah seorang bandar narkoba inisial “RS” warga Pekanbaru berusaha menyuap uang Rp1 miliar saat ditangkap, tapi petugas tidak menggubris uang sogokan tersebut,,” sebut Direktorat Reserse Narkoba (Ditnarkoba) Polda Sumbar, Kombes Pol.Kumbul KS, S.Ik. saat menggelar Press Conference di Padang, Selasa (7/8/2018).

Sesuai fenomena itu, ia mengatakan tantangan petugas dari kepolisian di lapangan sangat besar. Selain mengejar pelaku, petugas juga sering digoda untuk menerima uang agar pelaku bisa dilepas.


Ia menjelaskan Ditnarkoba Polda Sumbar ini tidak akan surut dalam penindakan kasus narkoba, walau diberi iming-iming dalam bentuk apapun.

“Semua tantangan itu tergantung mental petugas di lapangan. Namun kami sudah mengingatkan kepada seluruh jajaran, untuk tidak memberi celah sedikitpun kepada pelaku kejahatan, termasuk sindikat narkoba yang beraksi atau masuk di wilayah Sumbar,” tegasnya.

Ia juga menyatakan, selain menangkap “RS” warga Pekanbaru, petugas juga menangkap tersangka “RI” yakni oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di salah satu instansi Pemko Pekanbaru.

Tersangka “RS” dan “RI” ini ditangkap di Kompleks Permata Ratu Kota Pekanbaru Minggu (5/8) sekira pukul 06.00 WIB. Petugas berhasil mengamankan barang bukti dari tersangka “RS” yakni sabu seberat 1.050 Kg, handphone, dan timbangan.

“Sementara dari tersangka “RI”, petugas mengamankan barang bukti berupa sabu seberat satu ons serta handphone,” kata Kumbul.

Menurut penuturannya, “RS”, dan “RI” ini diringkus sesuai informasi dari tersangka “S” warga Pekanbaru yang telah ditangkap pada Sabtu (4/8) sekira pukul 17.30 WIB di depan Mall Basko Padang. Saat di TKP, petugas mengamankan barang bukti 200 gram sabu yang didapatkan dari “RS” dan “RI” di Pekanbaru, Riau.

“Jadi tiga orang tersangka ini memasok sabu dari Pekanbaru untuk dijual ke wilayah Sumbar,” lanjut Kumbul.

Lebih lanjut Kumbul menjelaskan, tiga orang tersangka ini berhasil ditangkap juga hasil pengembangan penangkapan tiga orang sebelumnya, yakni berinisial “AL”, “APA” dan “NS” di Kota Pariaman, Jum’at (3/8/2018) sekira pukul 20.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Sesuai keterangannya, petugas berhasil mengamankan alat bukti dari ketiga tangan tersangka, yakni “AL” berupa 0,03 gram sabu, tersangka “APA” berupa 0,26 gram sabu dan tersangka “NS” seberat 110,18 gram sabu

Informasi yang didapat, sampai saat ini keenam orang tersangka masih dalam tahap penyelidikan dan pengembangan Ditnarkoba Polda Sumbar, dengan tujuan untuk mengungkap jaringan dindikat narkoba lainnya.

“Mereka akan dijerat pasal 114, pasal 112, dan pasal 132 UU Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati,” tegas Kumbul (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *