Mobil patroli digunakan untuk antar-jemput pelajar, Dusun Pokai-Muara Sikabaluan. (Foto: Hendrianto L Raja)


Pendidikan

Atasi Kendala Jarak, Pelajar di Siberut Diberi Bantuan Layanan Antar-Jemput Gratis

SIBERUT (SumbarFokus)

Harus menempuh jarak berjalan kaki sekitar 45 menit sampai 1,5 jam lamanya, para pelajar dari Dusin Pokai, menuju lokasi sekolah di Muara Sikabaluan, Siberut, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), menjadi satu kendala tersendiri dalam menjalani pendidikan.

Terkait hal ini, Wilayah II Balai Taman Nasional Siberut, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (PTN),  menyediakan layanan antar-jemput gratis bagi pelajar yang hendak bersekolah dari Dusun Pokai menuju Muara Sikabaluan.

Kepala seksi PTN Wilayah II Taman Nasional Siberut Nadzrun Jamil menjelaskan bahwa jarak yang relatif jauh memang jadi satu kendala, dan ini jadi perhatian bagi pihaknya. Selain itu, fasilitas yang minim dan rendahnya perekonomian keluarga memperburuk situasi.


"Menurut beberapa pelajar tersebut, mereka harus berjalan kaki 45 menit hingga 1,5 jam,” ujar dia, baru-baru ini.

Menurut dia, dengan kemudahan transportasi, para pelajar tentu menjadi lebih bersemangat untuk ke sekolah.

Langkah ini diambil pihaknya, menurut Nadzrun, sejalan dengan upaya menyokong tumbuhnya para pemuda pintar yang akan jadi penerus tonggak Bangsa. Pendidikan yang layak patut didapatkan.

“Tak terkecuali bagi para pemuda dan pemudi di Pulau Siberut,” tambahnya.

Para pelajar diantarkan dengan fasilitas kendaraan dinas roda empat (mobil patroli) pada pukul 06.30 WIB dan akan dijemput kembali sesuai dengan jam kepulangan sekolahnya masing-masing. Adapun pelajar yang diantarkan berasal dari SMA Negeri 1 Siberut Utara, SMP Negeri 1 Siberut Utara dan MTs. Al Muhtadin Muara Sikabaluan.

Animo yang besar dari pelajar dan dukungan dari kepala dusun menjadi motivasi dan harapan besar supaya program ini dapat berlangsung dalam waktu yang lama. 017)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018