Gubernur Sumbar Irwan Prayitno melepas balon ke udara pertanda dibukanya Job Fair 2019 di Disnakertrans Sumbar, Rabu (17/7/2019). (Foto: Wahyu)


Ekonomi

Angka Penganguran Daerah Sumbar Masih di Atas Nasional

PADANG (SumbarFokus)

Angka pengangguran di Sumatera Barat (Sumbar), diungkapkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, saat ini masih sedikit di atas nasional. Tercatat hingga pada 2019 pengangguran Sumbar mencapai 5,29 persen, sementara angka nasional 5,01 persen.

Ini disampaikan Gubernur saat meninjau suasana Job Fair 2019 yang digelar di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbar, Rabu (17/7/2019).

"Bursa kerja ini menjadi salah satu solusi untuk mengurangi angka penganggur tersebut. Kalau bisa Kabupaten dan Kota lebih sering melakukan kegiatan seperti ini," tuturnya.


Ia menjelaskan, Job Fair merupakan salah satu program Pemprov Sumbar, untuk mempertemukan langsung pencaker dengan perusahaan penyedia tenaga kerja atau jasa. Dengan alasan itu juga kegiatan ini digelar rutin setiap tahun.

“Sebenarnya bukan lowongan kerja yang kurang, tapi orang kita ini terlalu memilih-milih kerja. Akhirnya kerja yang ada diambil orang dari daerah lain, dan orang lokal banyak yang menganggur,” kata Irwan.

Menurutnya Job Fair 2019 ini cukup menarik, sebab pencaker bisa datang secara gratis dan memasukkan lamaran kerja langsung. Syaratnya, pencaker membawa surat lamaran, curiculum vitae, serta syarat pendukung lainnya.

"Ada puluhan perusahaan yang bergabung. Dari sekian banyak stand perusahaan, pencaker bisa mencari mana perusahaan yang diminati. Masukan lamaran kerja dan syarat lainnya, pasti akan diproses," paparnya.

Sementara, Kepala Disnakertrans Sumbar Nasrizal mengatakan, pada Job Fair tahun ini ada sekitar 3.298 lowongan pekerjaan yang disediakan bagi pencaker. Peluang kerja itu disediakan oleh 56 perusahaan, baik BUMN, BUMD, dan persuhaan swasta bonafid lainnya.

Ia menuturkan, Job Fair ini dilaksanakan untuk menekan angka pengangguran di Sumbar. Apalagi Job Fair tahun 2018 yang lalu diikuti sekitar 7.595 pencaker. Dari sekian banyak pencaker yang melamar, lebih dari 50 persen diterima di berbagai perusahaan.

Kita Peduli!

“Kita berharap Job Fair yang difasilitasi Pemprov Sumbar ini dapat memberikan manfaat maksimal, sehingga angka pengangguran bisa berkurang,” pungkasnya di sela-sela kegiatan Job Fair yang berlangsung 17-18 Juli 2019 itu. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018