Pohon tumbang dan menimpa gerobak pedagang di Pariaman. (Foto: Ist.)


Peristiwa

Angin Kencang, Sejumlah Pohon di Pantai Pariaman Timpa Gerobak Pedagang

PARIAMAN (SumbarFokus)

Akibat angin kencang yang melanda Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), pada Kamis (9/1/2020) sore, sejumlah pohon yang ada di kawasan objek wisata Pantai Pariaman tumbang dan menimpa gerobak pedagang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kota Pariaman Azman menyebutkan, ada dua lokasi pohon tumbang di kawasan Pantai Pariaman, yaitu di Pantai Cermin dua batang dan di Pantai Kata tiga batang.

Pohon tumbang di Pantai Kata menimpa lima gerobak pedagang, sedangkan di Pantai Cermin memutuskan aliran listrik serta telepon.


"Mendengar informasi itu kami langsung ke lapangan untuk membersihkannya," sebut Azman.

Gerobak pedagang yang ditimpa pohon tersebut merupakan milik Pemerintah Desa Taluak yang diperuntukkan bagi pedagang di Pantai Kata.

Sementara, Kepala Desa Taluak Ismet Zuhri mengatakan bahwa pohon tumbang terjadi sekitar pukul 16.30 WIB dan beberapa pedagang berada di pondok yang merupakan bagian dari gerobak itu.

"Tapi alhamdulillah tidak menimbulkan korban jiwa," ujarnya.

Disebutkan, kerugian pemerintah desa akibat pohon tumbang tersebut mencapai Rp40 juta, dan jumlah tersebut belum termasuk kerugian yang dialami oleh pedagang.

Diketahui, keberadaan gerobak yang dibeli melalui dana desa tersebut tidak saja untuk meningkatkan pendapatan asli desa dan pendapatan warga, namun juga mempercantik pantai.

Kita Peduli!

Keberadaan gerobak tersebut juga sebagai tindak lanjut adanya gerobak bagonjong atau gerobak yang atapnya bertanduk menyerupai rumah adat Minang bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui dinas terkait di Pariaman.

"Gerobak dari kami itu baru sekitar dua bulan ini terpasang, sedangkan yang dari kementerian sudah sekitar tiga bulan lalu," ujar Ismet.

Terkait gerobak yang ditimpa pohon, Ismet menyebutkan, Pemerintah Desa akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mencari solusi rusaknya gerobak pedagang. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018