Serah-terima berita acara penetapan dan keputusan calon terpilih PIlkada 2020 Agam. (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Andriwarman-Irwan Fikri Disahkan KPU Agam Jadi Calon Bupati-Wakil Bupati Agam Terpilih

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Andriwarman-Irwan Fikri ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), sebagai pasangan bupati dan wakil bupati (wabup) terpilih hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah 2020, Senin (25/1/2021).

"Mereka telah kita tetapkan saat rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati, Senin," kata Ketua KPU Agam Riko Antoni.

Disebutkan, penetapan bupati dan wakil bupati terpilih setelah Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) telah keluar dan menerima surat dari KPU RI. Penetapan itudidasarkan pada PKPU No 5 Tahun 2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Guberur, Bupati dan Wakil Bupati dan Atau Walikota dan Wakil Walikota 2020.


Setelah penetapan, katanya lagi, KPU Agam bakal menyurati DPRD Agam untuk mengusulkan pengesahan dan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih ke Gubernur Sumbar. Surat pengusulan pelantikan itu paling lambat tiga hari setelah surat itu diajukan KPU Agam ke DPRD setempat.

"Untuk kepastian pelantikan tergantung dari Pemerintah Provinsi," ujarnya.

Pasangan calon dengan nomor urut empat yang diusung PAN dan Partai Demokrat memperoleh suara 59.869 dari 185.171 suara sah atau 32,33 persen.

Posisi kedua diraih pasangan nomor dua Hariadi-Novi Endri dengan 46.792 suara atau 25,27 persen. Posisi ketiga diraih pasangan nomor urut tiga Trinda Farhan Satria-Muhammad Kasni dengan 44.700 atau 24,14 persen.

Posisi keempat diraih oleh pasangan nomor urut satu Taslim-Syafrizal dengan 33.810 suara atau 18,26 persen.

Sementara, calon Bupati Agam terpilih Andriwarman mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan amanah untuk memimpin Agam.

Kita Peduli!

"Kami pasangan nomor empat mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi penuh dalam Pilkada, sehingga pelaksanaan berjalan tertib dan aman," sebutnya. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020




      agam