Petugas berada di lokasi puing bangunan rumah yang terbakar. (Foto: Fajar)


Peristiwa

Anak Bakar Sampah, Api Sambar Rumah Warga Taruko

PADANG (SumbarFokus)

Sempat terjadi kesulitan untuk menjangkau lokasi kebakaran karena padatnya rumahnya penduduk, petugas akhirnya berhasil memadamkan api yang melahap bangunan rumah Riza (35), warga Taruko Satu, Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), pada Kamis (20/2/2020) sekitar pukul 12:00 WIB.

Meskipun api tidak membakar habis seluruh rumahnya, tapi peralatan rumah seperti mesin cuci, televisi, dan kulkas tidak bisa di selamatkan. Menurut Riza, keluarganya menelan kerugian sekitar Rp30 juta akibat musibah ini.

Ditanya SumbarFokus, Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang Dedi Henidal yang tiba di lokasi mengatakan, kebakaran ini disebabkan oleh angin kecang.


"Api bersal dari unggun sampah yang dibuat oleh anak dari pemilik rumah. Karena angin kencang, api langsung menyambar kandang yang terbuat dari kayu," ujar Dedi.

Sementara, Riza mengaku sangat terkejut dengan kejadian ini. Dia sama sekali tak menyangka, rumah dan kandang ayam besar miliknya bisa terbakar oleh api unggun yang dibuat anaknya tersebut.

"Awalnya anak saya yang kecil baru pulang sekolah. Lalu, pas saya mau mandi, saya melihat dia membakar sampah. Setelah saya selesai mandi, api langsung membakar kandang yang berada tepat di dekat unggun tersebut," ungkapnya.

Begitu api berkobar, warga sekitar yang melihat kebakaran tersebut langsung berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Petugas yang tak lama datang, kemudian juga berhasil memadamkan api meski harus berjuang untuk akses ke rumah yang terbakar. (005)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018