Lokasi jalan yang amblas di Kelok 44. (Foto: Ist.)


Bencana

Amblas 10 Meter, Pengendara Diimbau Hati-hati Melewati Kelok 10 di Kelok 44

LUBUK BASUNG (SumbarFokus)

Akibat curah hujan yang tinggi, kelok ke-10 di Kelok 44, di Jorong Maninjau, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), amblas sepanjang 10 meter dan lebar 1,5 meter, Minggu (26/7) sekitar pukul 20.15 WIB. Karenanya, jalan provinsi penghubung Pasaman Barat menuju Bukittinggi itu hanya bisa dilalui kendaraan roda empat sistem buka rutup.

"Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu karena kendaraan dalam kondisi sepi melewati Kelok 44," ungkap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Muhammad Lutfi Ar, Minggu (26/7/2020).

"Jalan ukuran kecil sekitar enam meter sehingga jalan hanya bisa dilalui kendaraan sistem buka tutup," katanya.


Kepada pengendara, Lutfi mengimbau agar berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan saat melewati jalan itu. Ini mengingat bahwa ketinggian jalan itu sekitar lima sampai tujuh meter. Namun BPBD telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Agam untuk memasang rambu-rambu dan papan informasi jalan amblas.

"Ini penting agar pengendara mengurangi kecepatan saat melewati daerahitu, agar tidak masuk jurang," katanya.

BPBD Agam juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sumbar untuk memperbaiki jalan tersebut, dengan harapan Pemprov juga segera memperbaiki jalan tersebut.

Disebutkan, Kelok 44 itu merupakan daerah rawan longsor dan pohon tumbang saat curah hujan, karena jalan berada di daerah perbukitan yang memiliki struktur tanah yang labil. (002)


 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018