Tanah longsor sempat memutuskan akses Sipora Selatan-Sipora Utara, Kamis (6/6/2019). (Foto: Hendrianto L Raja)


Bencana

Akses Sipora Selatan-Sipora Utara Kini Telah Bisa Dilalui

KEPULAUAN MENTAWAI (SumbarFokus)

Sempat terputus, akses jalan yang menghubungan Sipora Selatan - Sipora Utara kini telah terbuka kembali, Sabtu (8/6/2019). Sebelumnya, akses terhambat karena terjadi tanah longsor akibat tingginya curah hujan di wilayah Kabuaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) pada Kamis (6/6/2019). Tanah longsor, tepatnya, terjadi di lokasi Dusun Rokot Desa Matobe Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Tanggap bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Mentawai segera bertindak membersihkan longsoran yang menghambat akses jalan. Disebutkan oleh Kasi Kedaruratan BPBD Kepulauan Mentawai Armend Sababalat, pembersihkan longsoran dilakukan menggunakan alat berat, dilakukan sejak pagi hingga sore hari mulai Jumat (7/6/2019). Dijelaskan Armend, pembersihkan dilakukan dengan melibatkan aparat gabungan dari Polres Mentawai, Kodim 0319/Mentawai, Tim BPBD Mentawai, dan anggota Basrnas Mentawai.

Armend menyebutkan, jalan sudah bisa dilewati sejak Jumat, setelah pembersihan dilakukan full-time di hari yang sama. Namun demikian, Armend tetap megimbau masyarakat agar berhati-hati dalam melewati jalan tersebut atau lokasi lain yang rawan tanah longsor.


"Karena berkemungkinan masih ada potensi turunnya tanah yang dipicu karena hujan lebat dengan kontur tanah yang lentur," jelas Armend. (017)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *