Tanaman obat keluarga berbagai jenis. (ist)



Agam Berupaya Menjadi Pusat Tanaman Obat-obatan

LUBUKBASUNG (SumbarFokus)

Dalam rangka menjadikan Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) sebagai pusat tanaman obat-obatan, pemerintah daerah setempat berencana mengembangkan budidaya 1.000 batang tanaman obat keluarga berbagai jenis di daerah itu.

“Jenis tanaman yang akan dikembangkan berupa daun dewa, seladri, pepaya, belimbing dan lainnya yang akan ditanam di perkarangan warga,” kata Kepala Dinas Pertanian Agam Isman Imran di Lubukbasung, Jumat (16/11/2018).

Program ini kata dia, akan diluncurkan di Kecamatan Baso, Senin (19/11/2018), dalam rangka untuk menyediakan berbagai obat-obatan di perkarangan rumah warga.


“Masyarakat tidak akan kesulitan lagi untuk mencari obat apabila mengidap berbagai penyakit. Sebab obat telah tersedia, masyarakat cukup mengambil di perkarangan rumah," katanya.

Ia mengatakan, agar program berjalan dengan baik Dinas Pertanian akan melakukan kerja sama dengan TP PKK, sehingga kader PKK di setiap kecamatan akan mensosialisasikan program itu pada masyarakat.

Sementara itu Ketua TP-PKK Agam Vita Indra Catri mengatakan, dia mendukung program 1.000 tanaman obat keluarga tersebut karena manfaat cukup banyak bagi masyarakat.

“Kami menyambut baik inovasi baru yang diluncurkan Dinas Pertanian, agar pengembangan tanaman obat-obatan di Agam bisa lebih merata lagi,” katanya. (002)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018