Pembangunan infrastruktur di desa jadi perhatian Pemerintah Desa Gooisonan. (Foto: Hendrianto L Raja)


Ekonomi

ADD Tahap III Difokuskan Desa Gooisonan untuk Pembangunan Fisik

KEPULAUAN MENTAWAI (SumbarFokus)

Anggaran Dana Desa (ADD) tahap III sudah dicairkan sejak beberapa waktu lalu. Bagi Desa Goisooinan, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), dana desa ini akan difokuskan penggunaannya untuk melanjutkan kegiatan pembangunan desa, guna menuntaskan semua pembangunan tahap akhir tahun 2019.

Ini disampaikan oleh Kepala Desa Hasan Basri, pada SumbarFokus baru-baru ini.

Menurut Hasan Basri, pembangunan tahap III ini dipusatkan pada beberapa titik yang belum terselesaikan sesuai RPJMdes 2019.


 “Adapun pembangunan yang akan dilaksanakan di antaranya pembangunan  jalan pertanian di Kinoto sepanjang 200 meter, jalan di depan sekolah Taman Kanak-kanak 75 meter, jalan menuju tambatan perahu 50 meter, jalan menuju gereja GKPM 175 meter, drainase lingkungan pogari 400 meter, drainase lapangan bola kaki Pogari sekeliling, jalan perkebunan menuju tower, gudang heler yg jalan menuju evakuasi Goisooinan, jalan perkebunan di Pogari, dan jalan pertanian Pogari,” urai Hasan Basri.

Diungkapkan, di luar ADD juga dibangun jalan pertanian dan irigasi dusun goisooinan, jalan pertanian di baik sebrang kampung goisooinan, dan DAM dari anggaran PU Sungai Pogari. Kegiatan ini semuanya ditargetkan rampung akhir Desember.

Disebutkan, dalam pelaksanaan dan pengerjaan seluruh kegaitan pembangunan yang ada di Desa Goisooinan, pemerintah desa selalu memberdayakan masyarakat sekitar sesuai dengan program pemerintahan, minimal 40 persen keterlibatan.

“Seluruh pembangunan yang ada di Desa Goisooinan ini, semua Saya serahkan sepenuhnya kepada lembaga pemerintahan desa termasuk TPK, dan BPD. Tak lepas juga peran serta masyarakat Desa Goisooinan,” katanya.

Hasan juga menyapaikan harapan. pada pembangunan tahap akhir ini, semuanya bisa berjalan lancar.

“Dan dalam hal ini, Saya imbau kepada TPK dan pekerja agar dapat bekerja secara maksimal dengan mengutamakan kualitas pembangunannya demi hasil yang maksimal,” pungkas dia. (017)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018