Kondisi di Pasar Raya Padang, terlihat aparat berada di pos check point. Klaster Pasar Raya Padang masih mendominasi penambahan kasus positif COVID-19 Sumbar hari ini, Selasa (2/6/2020). (Foto: Yeyen)


Peristiwa

574 Total Positif COVID-19 Sumbar Hari Ini, Total Kesembuhan 272

PADANG (SumbarFokus)

Total sampai hari ini telah 574 orang warga Sumatera Barat (Sumbar) terinfeksi COVID-19. Terjadi penambahan 7 orang lagi hari ini. Sementara, yang sembuh bertambah 5 orang, sehingga total sembuh 272 orang.

Data ini, disebutkan Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Sumbar Jasman Rizal, Selasa (2/6/2020), didasarkan kepada laporan dari Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi, di bawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, bahwa dari 1.102 sample yang diterima dan diperiksa, terkonfirmasi tambahan warga Sumbar positif terinfeksi covid-19 sebanyak 7 orang.

Namun, ada koreksi dari data yang disampaikan Jubir di pagi hari, yang menyebutkan bahwa 7 itu berasal dari Kota Padang dan Kabupaten Sijunjung. Pada finalisasi data di sore hari, diketahui bahwa 7 warga Sumbar yang dikonfirmasi positif tersebut berasal dari Kota Padang (5), Kabupaten Sijunjung (1), dan Kota Payakumbuh (1).


“Kota Padang 5 kasus tambahan positif, masih dari hasil tracing klaster Pasar Raya  dan tracing ulang sebagai koreksi, Kabupaten Sijunjung 1 kasus dari klaster Lapas, dan 1 kasus dari Kota Payakumbuh,” ungkap Jasman.

Disampaikan, rincian 7 orang warga Sumbar yang positif COVID-19 hari ini adalah sebagai berikut:

Kota Padang

1. Pria 47 tahun, warga Lubeg, terinfeksi karena sebagai pedagang pasar raya, penanganan isolasi mandiri sementara;

2. Pria 37 tahun, warga Air Tawar Timur, terinfeksi karena sebagai pedagang pasar raya, penanganan isolasi mandiri sementara;

3. Pria 43 tahun, warga Bungus, terinfeksi karena sebagai pedagang pasar raya, penanganan isolasi mandiri sementara;

Kita Peduli!

4. Wanita 26 tahun, warga Ikua Koto, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari pekerjaan, penanganan isolasi mandiri sementara; dan

5. Pria 33 tahunwarga Limau Manih, pekerjaan buruh, tidak ada riwayat kontak dan riwayat perjalanan, dirawat di RS Unand.

Kabupaten Sijunjuang

1.  Pria 38 tahun, warga Muaro Sijunjuang, pekerjaan swasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Kota Payakumbuah

1. Wanita 58 tahun, warga Tarok, pekerjaan guru, tidak ada riwayat kontak dan riwayat perjalanan, penanganan isolasi mandiri sementara.

Dengan demikian, disebutkan, total warga Sumbar positif COVID-19 hingga hari ini tercatat mencapai 574 orang.

Sementara, laporan pasien sembuh hari ini, rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Pria 40 tahun, warga Tua Peijat Kabupaten Kepulauan Mentawai, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena pulang dari Makassar dan sebagai Jamaah Tabliq Akbar Gowa, pasien RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai;

2. Wanita 33 tahun, warga Pasie Nan Tigo Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari rumah sakit, pasien RSUP. Dr. M. Djamil Padang;

3. Wanita 34 tahun, warga Kalumbuak, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari rumah sakit, pasien RSUP. Dr. M. Djamil Padang;

4. Pria 28 tahun, warga Cendana Mato Aia, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari rumah sakit, pasien RSUP. Dr. M. Djamil Padang; dan

5. Wanita 26 tahun, warga Jati Baru, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari rumah sakit, pasien RSUP. Dr. M. Djamil Padang.

Berikut uraian d0ari jumlah total 574 warga Sumbar yang telah dikonfirmasi positif COVID-19:

  • sedang dirawat di berbagai rumah sakit 118 orang  (20,56%);
  • isolasi mandiri di rumah 46 orang (8,01%);
  • isolasi daerah 2 orang (0,35%);
  • Bapelkes 17 orang (2,96%);
  • BPSDM 41 orang (7,14%);
  • BPP Padang 14 orang (2,44%);
  • BDK 39 orang (6,79);
  • meninggal dunia 25 orang (4.35%); dan
  • sembuh 272 orang (47,39%)

(000)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018