Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan Walikota Padang Mahyeldi ditemani OPD terkait saat meninjau lokasi Penas KTNA 2020, di Padang, Jumat (25/1/2019). (Foto: Wahyu)


Nasional

5.000 Rumah Penduduk Dipersiapkan untuk Penas KTNA ke-XVI 2020

PADANG (SumbarFokus)

Sebanyak 5.000 rumah penduduk di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), dipersiapkan untuk menampung peserta Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan XVI Tahun 2020 mendatang.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyebutkan, jumlah peserta Penas Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) yang akan dilaksanakan 20-25 Juni 2020 ini diperkirakan mencapai 60.000 orang dari seluruh Indonesia.

Ia mengatakan, kawasan kegiatan ini terdapat di tiga daerah di Kota Padang, yakni Aie Pacah, Nanggalo, dan Kuranji.


“Dengan banyaknya peserta yang datang tentu harus dipersiapkan dengan matang, sebab kegiatan ini skala nasional. Baik untuk transportasi, penginapan, makanan, hingga produk UMKM yang akan disuguhkan, sebab akan banyak perputaran uang selama acara berlangsung,” kata Nasrul Abit usai rapat persiapan Penas KTNA 2020 ini di Padang, Jumat (25/1/2019).

Nasrul memaparkan, berdasarkan hasil rapat tersebut Pemko Padang kekurangan dana sehingga harus dibantu Pemprov Sumbar melalui dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Semua ini demi menyukseskan perhelatan Penas KTNA ke-XVI tahun 2020 ini.

Dikatakan Nasrul, banyak kegiatan yang digelar saat Penas KTNA ini, pihak Pemko Padang menyediakan lahan seluas 55 hektar. Lahan tersebut digarap untuk lokasi pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, UMKM, hingga lokasi parkiran.

“Pemko Padang sudah punya anggaran Rp21 miliar, tapi tidak cukup. Jadi dana tambahan dibantu Pemprov Sumbar melalui BKK pada perubahan anggaran 2019 ini,” ungkap Nasrul saat meninjau lokasi kegiatan.

Sementara Walikota Padang Mahyeldi pada kesempatan yang sama membenarkan bahwa pihaknya memakai 5.000 rumah penduduk untuk menyukseskan Penas KTNA 2020 mendatang. Setiap rumah penduduk yang dipakai akan mendapat bantuan setidaknya Rp12,5 juta.

Dikatakannya, setiap rumah penduduk yang digunakan untuk peserta Penas KTNA 2020 ini akan dilengkapi penyediaan makanan, penyediaan air bersih dari PDAM, WC, listrik, kolam beserta bibit ikan, dan lainnya. Dengan harapan semua kebutuhan peserta selama kegiatan terpenuhi dengan baik.

“Nanti pembayaran penginapan dan makan Rp125 ribu per hari setiap orangnya, selama 10 hari. Paling tidak penduduk akan menerima Rp12,5 juta bersih. Jadi keseluruhan kita butuh anggaran Rp80,2 miliar,” sebut Mahyeldi.

Selain Wagub Sumbar dan Walikota Padang Mahyeldi, juga turut hadir saat itu Kadis Pertanian, Kadis Pangan, Kadis Pariwisata, Kadis Peternakan, Ka.Bappeda, Ketua KTNA Sumbar, serta OPD terkait di lingkungan Pemko Padang. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018